fbpx

Ratusan Rumah Terkena Dampak Banjir Buton, Sulawesi Tenggara

waktu baca 2 menit
(Ilustrasi)

Berita Sulawesi Tenggara, gemasulawesi – Ratusan rumah di Desa Lawele, Kecamatan Lasalimu, Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara, terkena dampak banjir yang melanda Kawasan tersebut, pada Sabtu 18 Juni 2022, ketinggian air bervariasi 70 centimeter hingga 1 meter.

Kepala Desa Lawele, Nasra Bahrum mengatakan, banjir yang melanda Kabupaten Buton hingga beberapa desa di wilayah sehingga merendam ratusan rumah.

“Kalau banjir kali ini bisa dibilang ini adalah satu kecamatan, Khusus Dusun Lawele, berdasarkan data terakhir sekitar 132 rumah yang terkena dampak banjir, sedangkan Kawunawuna masih aman di Dusun Kalenda,” ucapnya, Sabtu 18 Juni 2022.

Dikatakannya, kondisi intensitas hujan dan luapan Sungai Lakarima menyebabkan beberapa titik di kawasan itu terendam air dengan perkirakan ketinggian 70 cm hingga 1 meter.

Baca: Tempat Wisata dan Masakan Mendunia Khas Indonesia di Kota Malang

Ia menjelaskan, tidak di semua tempat (ketinggian air 1 meter), tetapi dalam kasus terburuk itu bisa terjadi.

Saat ini, kata dia juga, pihaknya sedang menyiapkan kantor kelurahan sebagai tempat warga untuk sementara mengungsi.

“Saat ini belum ada yang dievakuasi, warga masih menjaga rumahnya masing-masing dan masih bertahan di rumah masing-masing,” ucapnya.

Sementara itu, seorang warga Lawele Arfan mengatakan, desanya beberapa tahun terakhir dilanda banjir, namun kali ini banjir terparah.

Arfan Lawale salah satu warga mengatakan, Ini lebih buruk dari tahun lalu, dia mengatakan begitu karena tahun lalu air tidak menyeberang jalan, sekarang sudah masuk pasar dari deretan baruga adat. (*Ikh)

Baca: Diduga Bermasalah, Inspektorat Parigi Moutong Bidik Puluhan Desa

Ikuti Update Berita Terkini Gemasulawesi di : Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.