Ratusan Polisi Bantu Penanganan Pasca Banjir Bandang di Torue

waktu baca 2 menit
Ket Foto: Seorang warga di depan rumahnya yang rusak akibat banjir bandang Desa Torue

Berita Parigi Moutong, gemasulawesi – Ratusan personel polisi Polres Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, membantu upaya penanganan masa tanggap darurat bencana banjir bandang di Desa Torue.

Ratusan personel polisi yang terlibat dalam operasi tanggap darurat bencana merupakan gabungan dari masing-masing satuan Sabhara, Satuan Lalu Lintas (Satlantas), Satuan Intel, Satuan Reserse Kriminal, Satuan Narkoba dan Polairud, termasuk Bhabinkamtibmas bantu penanganan pasca banjir bandang di Torue.

“Setiap hari, personel kami membantu warga membersihkan rumahnya dari sisa-sisa material lumpur. Kami juga bertugas mengumpulkan dan mendistribusikan dukungan logistik dari institusi Polri,” ucap Kepala Bagian Operasi Polres Parigi Moutong AKP Junus Achpah saat ditemui di Torue, Parigi Moutong, Selasa 02 Agustus 2022.

Menurutnya, masing-masing satuan ditempatkan di tempat yang berbeda, Polairud misalnya membantu pencarian korban hilang beserta basarnas dan unsur SAR lainnya.

Baca: Pencarian Korban Banjir Bandang Torue, Diperpanjang Tiga Hari

Satlantas memantau arus lalu lintas dan satuan lain melakukan tugas keamanan di berbagai posko kemanusiaan dan membersihkan rumah dan fasilitas umum yang terkena dampak.

“Apa yang dilakukan Polri merupakan bentuk kepedulian terhadap misi kemanusiaan dan mendukung langkah pemerintah daerah (Pemda) dalam penanggulangan bencana,” kata Achpah.

Ia menjelaskan, selama penugasan ke lokasi bencana, pihaknya mengembangkan koordinasi dan kerjasama dengan berbagai pihak untuk pelancaran penanganan pascabencana.

Ia mengatakan, sebelum mendistribusikan logistik, pihaknya berkoordinasi terlebih dahulu dengan BPBD untuk menetapkan target agar bantuan terdistribusi secara merata.

Achpah menambahkan, selain mendistribusikan logistik, Polri telah mendirikan posko kemanusiaan, posko kesehatan, dan dapur umum untuk memenuhi kebutuhan pokok warga terdampak.

“Posko-posko tersebut dibangun Institusi Polri berkat kerjasama Polres Parigi Moutong dan Polda Sulawesi Tengah dalam menjalankan tugas kemanusiaan,” ucapnya. (*/Ikh)

Baca: Resep Gudeg Jogja Merah Tanpa Daun Jati

Ikuti Update Berita Terkini Gemasulawesi di : Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.