fbpx

Ratusan KK di Kabupaten Mamuju Mengungsi Akibat Banjir

waktu baca 2 menit
(Ilustrasi)

Berita Sulawesi Barat, gemasulawesi – Ratusan Kepala Keluarga (KK) yang tinggal di berbagai wilayah Kabupaten Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat, memilih mengungsi karena permukiman mereka terendam banjir.

Hal itu berdasarkan data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat.

“Berdasarkan data BPBD Kabupaten Mamuju, jumlah pengungsi banjir yang telah tercatat di Kabupaten Mamuju mencapai 137 KK atau 522 jiwa,” ucap Sutinah Suhardi, Bupati Kabupaten Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat, Selasa 14 Juni 2022.

Dikatakannya, pengungsi banjir yang terdaftar terdiri dari 16 KK atau 49 jiwa, di Terminal Simbuang Kota Mamuju 99 KK atau berjumlah 372 jiwa, kemudian ada 22 KK atau 101 jiwa di Masjid Pertamina Simbuang di kota Mamuju.

Baca: Terduga Pelaku Penyalahgunaan Narkoba di Kota Palu Dibekuk Polisi

Ia menjelaskan, korban yang terkena dampak banjir tersebut karena rumah mereka terendam di sejumlah wilayah Kota Mamuju, khususnya di Kelurahan Simboro 51 KK atau 222 jiwa, di Kelurahan Rangas 251 KK atau 989 jiwa, kemudian Desa Tadui 140 KK atau berjumlah 1.500 jiwa, dan Desa bambu yang berjumlah 160 KK atau 850 jiwa.

Selain itu di lingkungan Ampallas Selatan dan Ampallas Utara, kelurahan bebanga Kampung Baru dan Lengke Kanangkanang, Kelurahan Bebanga berjumlah 87 KK atau 358 jiwa.

Ia mengatakan banjir di Mamuju juga berhasil merusak beberapa fasilitas umum seperti jembatan, masjid dan sekolah di kawasan Sese kelurahan Simboro dan 602 juga rumah terendam. Bupati Mamuju mengatakan bencana banjir di Mamuju tidak bisa dihindari, sehingga pemerintah berusaha membantu masyarakat di pengungsian.

“Pemerintah Mamuju telah memberi pasokan kebutuhan pokok bagi para korban banjir di pengungsian, yang akan disalurkan oleh pihak kelurahan di Mamuju dan pemerintah desa, pemerintah juga akan tetap bersama masyarakat yang terkena bencana,” ucapnya. (*Ikh)

Baca: Bawaslu Parigi Moutong Gandeng OKP Perkuat Pengawasan Pemilu 2024

Ikuti Update Berita Terkini Gemasulawesi di : Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.