Ratusan CPNS Parigi Moutong 2018 Segera Ikuti Latsar

127
Ratusan CPNS Parigi Moutong 2018 Segera Ikuti Latsar
Kepala bidang pengembangan kompetensi aparatur BKPSDM Parigi Moutong, Rizal Halim

Parigi moutong, gemasulawesi.com Sebanyak 200 CPNS Kabupaten Parigi Moutong (Parimo) angkatan 2018, segera mengikuti Latihan dasar (Latsar).

Hal itu disampaikan Kepala bidang pengembangan kompetensi aparatur BKPSDM Parigi Moutong, Rizal Halim. di ruang kerjanya, Senin, 09 Februari 2020. Dia mengatakan, BKPSDM Parigi Moutong rencananya menggelar Latsar bagi CPNS 2018 pada 26 Maret 2020.

“Ratusan peserta yang akan mengikuti Latsar bagi CPNS tahun 2018, dibagi ke dalam lima angkatan,” ujarnya.

Setiap angkatan Latsar CPNS 2018 kata dia, berjumlah 80 orang dengan waktu selama 51 hari.

Pada pelaksanaan Latsar itu lanjut dia, para peserta bakal mengikuti materi selama 21 hari on class dan 30 hari off class.

“Jadi selama 18 hari peserta di asramakan, kemudian kembali ke OPD selama 30 hari. Setelah itu kembali lagi untuk evaluasi selama tiga hari,” jelasnya.

Dia mengungkapkan, seharusnya Latsar bagi CPNS 2018 dilaksanakan pada tahun 2019 lalu. Namun akibat bencana pada 28 September 2018, BKN memberi kebijakan penundaan pelaksanaan Latsar bagi CPNS 2018 hingga 01 Agustus 2020.

Dia menuturkan, sejumlah CPNS tahun 2018 terancam batal menjadi PNS jika hingga batas waktu yang ditentukan BKN, para peserta CPNS tahun 2018 itu belum mengikuti Latsar.

“Nomor Induk Pegawai (NIP) mereka hilang dengan sendirinya dari sistem,” terangnya.

Sementara itu, pasca dikeluarkannya hasil penilaian mutu dari Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Propinsi Sulawesi Tengah belum lama ini, dengan rekomendasi bahwa Pemerintah daerah (Pemda) melalui BKPSDM Parimo, dianggap layak menggelar Latsar bagi CPNS tahun 2018 di daerah sendiri.

“BPSDM telah mengeluarkan rekomendasi jika kita layak melaksanakan Latsar di daerah sendiri,” tuturnya.

Dia menuturkan, terdapat tiga standar kewenangan yang harus dipenuhi daerah, untuk mendapatkan rekomendasi tersebut yaitu, daerah menyiapkan anggaran, tempat dan peserta yang mengikuti Latsar.

Jangankan Latsar kata dia, Kabupaten Parimo pernah sebagai penyelenggara untuk pelaksanaan kegiatan Pim IV.

“Hanya tiga hal itu yang menjadi gawean daerah. Ketika semua telah terpenuhi, BPSDM yang juga sebagai lembaga penjamin mutu melakukan pemeriksaan, diperiksa soal kelayakan asrama, air, tempat pelaksanaan Latsarnya. Alhamdulillah bukan cuma Latsar CPNS, Parimo juga dapat melaksanakan PIM IV,” tandasnya.

Baca juga: Parigi Moutong Kaji Intervensi VCO dan Blondo Pada Bayi

Laporan: Ahmad Nur Hidayat

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.