Pusat Pemberian Makanan Bergizi Dibangun di Morowali Utara

waktu baca 2 menit
Petugas Kesehatan Memberikan Vaksin Kepada Bayi (Ilustrasi Gambar)

Berita Kesehatan, gemasulawesi – Pusat pemberian makanan bergizi atau feeding center telah di buka Pemerintah Kabupaten Morowali Utara, Sulawesi Tengah, untuk menekan resiko stunting pada balita di daerah tersebut.

Bupati Morowali Utara Delis J Hehi Jumat 15 Juli 2022, mengatakan bahwa langkah itu untuk mencegah anggota keluarga alami stunting. Stunting saat ini menjadi masalah serius yang perlu ditangani oleh pemerintah daerah di seluruh Indonesia, termasuk Kabupaten Morowali Utara.

“Masyarakat yang masuk ke feeding center ini bertugas untuk memberi makan keluarga secara rutin dan berkesinambungan selama enam bulan berturut-turut, yang merupakan tujuan dari program pencegahan dan penanganan stunting,” ucap Delis.

Dengan memberikan makanan bergizi, tim juga memberikan penyuluhan tentang gizi yang baik sesuai dengan potensi dan kapasitas lokal masing-masing keluarga. Hal ini untuk menghasilkan generasi yang sehat dan unggul.

Baca: Diduga Korupsi Kadis Ketahanan Pangan Donggala Ditahan

Ia menjelaskan, operasional sentra penyediaan pangan bergizi sangat mendesak mengingat prevalensi stunting masih relatif tinggi di Kabupaten Morowali Utara. Tanpa upaya penanganan dan pencegahan yang berkelanjutan, kata dia, angka prevalensi stunting di daerah akan terus meningkat.

Dia mengatakan 680 anak saat ini mengalami stunting di Morowali Utara. Mereka tersebar di 10 kecamatan, dengan tiga kecamatan memiliki prevalensi stunting yang tinggi, yaitu Bungku Utara 118 orang, Soyo Jaya 96 orang dan Petasia Timur 86 orang. Berdasarkan hasil identifikasi, terdapat 17 desa yang penduduknya berisiko stunting, yang menjadi sasaran prioritas pelaksanaan pusat penanggulangan dan pencegahan stunting pusat pemberian makanan bergizi. (*/Ikh)

Baca: Pemanfaatan Kredit Usaha Rakyat, Tanam Jagung Morowali Utara

Ikuti Update Berita Terkini Gemasulawesi di : Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.