Puluhan Rumah Warga di Palu Rusak Akibat Angin Puting Beliung

waktu baca 2 menit
(Foto Istimewa)

Sulawesi Tengah, gemasulawesi – Puluhan rumah warga di lima kelurahan ibu kota Provinsi Sulawesi Tengah, Palu rusak akibat dari angin puting beliung pada hari Minggu 29 Mei 2022.

Hal tersebut berdasarkan oleh Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Palu Muhammad Bambang S saat dihubungi pada hari Minggu 29 Mei 2022.

“Tiga desa yang terkena dampak dari angin puting beliung tersebut yakni Desa Duyu, Desa Pengawu, Kecamatan Tatanga, Desa Tipo, Desa Silae, dan Desa Buluri di Kecamatan Ulujadi,” ucap Muhammad Bambang. S, Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Palu,Minggu 29 Mei 2022.

Ia juga menjelaskan, pasca puting beliung di Palu, Provinsi Sulawesi Tengah, delapan rumah rusak di kawasan hunian tetap Duyu, tiga rumah rusak di Desa Pengawu, sembilan rumah rusak di Desa Buluri, dan masing-masing satu rumah rusak di jalan desa Tipo dan Silae.

Baca: Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil Pantau Langsung Pencarian Eril

Secara keseluruhan, hingga 20 rumah telah rusak akibat dari angin puting beliung tersebut, dengan atap terangkat setelah hingga tiga pohon tumbang.

Dari 20 rumah rusak, 11 rumah dilaporkan rusak ringan. Dari kejadian itu juga mengakibatkan putusnya dua tiang listrik, dan juga beberapa kendaraan pribadi seperti sepeda motor yang rusak berat dan juga satu mobil rusak ringan.

“Tim gabungan Kota Palu yang terdiri dari BPBD, Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan, Dinas Lingkungan Hidup dan Dinas Sosial turun membantu warga yang terkena terdampak,” ucapnya.

Bambang mengatakan, angin puting beliung tersebut terjadi akibat hujan disertai angin kencang yang merusak rumah warga hingga memutus jaringan listrik, termasuk tenda pernikahan hunian tetap Duyu.

Ia juga menambahkan, Tim Gabungan Pemerintah Kota Palu yang dikerahkan terdiri dari 14 orang dan dilaporkan tidak ada korban jiwa.

“Pemerintah Kota Palu selalu akan berusaha menangani keadaan darurat dengan cepat. Dan penanganan pemulihan selanjutnya juga akan dilakukan,” jelasnya. (*)

Baca: KM Ladang Pertiwi Tenggelam 25 Penumpang Masih Belum Ditemukan

Ikuti Update Berita Terkini Gemasulawesi di : Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.