Puluhan Napi Anak di Sulawesi Tenggara Dapat Remisi

waktu baca 2 menit
Sejumlah Tahanan Anak (Ilustrasi Gambar)

Berita Hukum, gemasulawesi – Puluhan Narapidana (Napi) anak di Sulawesi Tenggara mendapat remisi masa hukuman, salah satunya langsung bebas saat Hari Anak Nasional 2022.

Muslim, Kepala Divisi Pemasyarakatan Kemenkumham Sulawesi Tenggara mengatakan, puluhan Narapidana (Napi) anak yang mendapat pengurangan hukuman itu tersebar di tiga unit pelaksana teknis.

“Untuk Sulawesi Tenggara jumlah narapidana yang mendapat remisi anak sebanyak 34 orang, salah satunya mendapat RKN II atau langsung dibebaskan,” ucapnya, Sabtu 23 Juli 2022.

Ia memaparkan pembagian 34 anak yang mendapat pengurangan hukuman pada Hari Anak Nasional 2022, yakni Lembaga Pemasyarakatan Khusus Anak (LPKA) Kendari sebanyak 27 anak, satu di antaranya langsung dibebaskan, lima di Rutan Raha dan dua di Lapas Baubau.

Ia mengatakan ini adalah program dari Kemenkumham di mana anak-anak menerima remisi masa tahanan, ini sebagai bentuk penghargaan bagi anak di Hari Anak Nasional maka diberikan remisi.

Baca: Aspidum Kejati Sulawesi Tengah Cederai Kemerdekaan Pers

Puluhan anak narapidana menerima pengurangan hukuman dari 15 hari, satu bulan, 45 hari hingga dua bulan di bawah klasifikasi lama menjalani masa pidana. Ketua DPRD Sulawesi Tenggara Nahdlatul Ulama (NU) juga menyatakan, jika salah satu dari mereka selalu berperilaku baik di penjara, seorang narapidana bisa mendapatkan pengurangan hukuman.

“Karena kalau tidak menjaga keamanan dan ketertiban, bisa-bisa saja gugur dan tidak mendapat remisi,” ucapnya.

Ia berharap setelah remisi masa tahanan diterima, narapidana mempercepat proses untuk kembali ke orang tuanya dan bagi mereka yang masih menempuh pendidikan agar dapat melanjutkan pendidikannya.

Muslim mengatakan, Jika mereka dibebaskan, bimbingannya adalah bagaimana menjadikan anak tersebut menjadi anak yang lebih baik ketika mereka kembali ke keluarga dan tidak melakukan hal yang bertentangan dengan hukum. (*/Ikh)

Baca: Bupati Morowali Utara Dorong Percepatan RDTR Kota Kolonodale

Ikuti Update Berita Terkini Gemasulawesi di : Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.