Puluhan Milyar Rupiah, BOP PAUD Parigi Moutong

119
Puluhan Milyar Rupiah, BOP PAUD Parigi Moutong
Kabid PAUD HI Disdikbud Parigi Moutong, Nurlina Sani.

Parigi moutong, gemasulawesi.com Bantuan Operasional Pendidikan atau BOP satuan Pendidikan Anak Usia Dini disingkat PAUD Parigi Moutong (Parimo) mencapai 12 Milyar Rupiah.

“Data dari kabupaten dan kota lain hanya mendapat lima hingga tujuh milyar Rupiah,” ungkap Kepala Bidang PAUD dan Dikmas Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Parigi Moutong, Nurlina Sani di ruang kerjanya, Rabu 11 Maret 2020.

Sehingga, BOP PAUD Parigi Moutong tertinggi di Provinsi Sulawesi Tengah. Pasalnya, imputan data Daftar Pokok Pendidikan (Dapodik) itu meningkat. Terdapat sekitar 24 ribu lebih siswa yang terinput.

Data Dapodik itu kata dia, tersebar di 278 desa dan lima kelurahan di Kabupaten Parigi Moutong. Satuan PAUD mencapai 500 lembaga dengan jumlah sebanyak 24.422 siswa. Kemudian, Lembaga Taman Kanak kanak 284, Kelompok Bermain (KB) 170 serta 33 Satuan Paud Sejenis (SPS).

Sebelumnya, data siswa yang terinput Dapodik itu sekitar 21 ribu siswa. Sehingga ada sekitar tiga ribu siswa telah terinput Dapodik. Namun belum masuk dalam BOP. Pihaknya menargetkan dana penyanggah dari bertambahnya jumlah siswa terinput dalam Dapodik tahun 2020.

“Kami akan mendapatkan dana penyanggah Rp 3 milyar. Pusatkan akan memantau perkembangan Dapodik kita, setelah April 2020 kami akan bermohon berdasarkan Dapodik kita,” tuturnya.

Ia menjelaskan, setiap siswa akan mendapatkan 600 ribu BOP per siswa. Jika diakumulasikan dengan tambahan sekitar tiga ribu siswa tahun 2020. Pihaknya akan mendapat dana penyanggah sekitar Rp14 milyar. Sehingga, pihaknya mengintruksikan untuk mendaftarkan anak usia 0 hingga 6 tahun ke lembaga Paud.

Diketahui, satu desa satu Paud di Parigi Moutong telah tercapai. Bahkan, rata rata setiap desa memiliki miliki dua hingga 3 satuan Paud.

“Lembaga mendapat 600 ribu peranak, untuk pengelolaan lembaga itu. Sehingga orang tua menjadi cerdas memalui kegitan parenting dalam pola pengasuhan. Kami juga berterimakasih kepada tim dan satuan pendidikan atas kerja kerja mereka,” terangnya.

Terkait DAPODIK PAUD, Kementerian Pendidikan mengeluarkan Aplikasi terbaru. Pembaruan ini bertujuan untuk memudahkan guru PAUD melakukan pendataan. Nantinya, seluruh hal-hal yang berkaitan dengan siswa bisa di-update dengan mudah dan berkala.

Dapodik PAUD sendiri merupakan sistem pendataan secara nasional yang dijalankan secara terpadu. Nantinya, data ini akan menjadi sumber utama dari data pendidikan nasional.

“Bisa dikatakan aplikasi ini nantinya menjadi bagian rencana pematangan sistem pendidikan nasional yang terintegrasi dan saling terhubung dengan baik,” tutupnya.

Baca juga: Ratusan CPNS Parigi Moutong 2018 Segera Ikuti Latsar

Laporan: Muhammad Rafii

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.