Puluhan Massa Pro PT Trio Kencana Datangi Kantor Gubernur

waktu baca 2 menit
Ket Foto: Puluhan Massa Pro PT Trio Kencana Gelar Demo di Kantor Gubernur Jum'at (18/2/2022). (Foto/Istimewa)

Massa mengatasnamakan aliansi masyarakat pesisir dan aliansi desa bersatu Kasimbar, Jum’at, 18 Februari 2022, dipimpin oleh Camat Kasimbar, Abd Manan, datangi kantor gubernur Sulteng.

Berita Parigi Moutong, gemasulawesi.com- Puluhan massa pro perusahaan tambang PT Trio Kencana mendatangi Kantor gubernur Sulawesi Tengah, menyampaikan aspirasi mendukung keberadaan PT Trio Kencana.

Massa yang mengatasnamakan aliansi masyarakat pesisir dan aliansi desa bersatu Kasimbar, Jum’at, 18 Februari 2022, dipimpin oleh Camat Kasimbar, Abd Manan.

Kedatangan perwakilan masyarakat Kasimbar tersebut membawa selembar spanduk yang bertuliskan, mendukung sepenuhnya kegiatan pertambangan PT Trio Kencana untuk beroperasi sesuai ketentuan yang berlaku.

Baca: Ribuan Massa Kembali Menggelar Aksi Demo Tolak Tambang di Kasimbar

Dalam aksi tersebut, perwakilan warga menyampaikan, demo dengan aksi menutup jalan poros Trans Sulawesi di Kecamatan Tinombo Selatan Kabupaten Parigi Moutong tidak mewakili mereka.

Dalam aksi itu puluhan massa pro perusahaan tambang PT Trio Kencana mengaku sangat aneh jika IUP didesak untuk dicabut sementara belum ada aktifitas pertambangan dilakukan.

 

Puluhan Massa Pro PT Trio Kencana Datangi Kantor Gubernur
Ket Foto: Camat Kasimbar, Abd Manan Bersama Asisten perekonomian dan pembangunan, Rudy Dewanto. (Foto/Istimewa)

“Belum pernah PT Trio Kencana kegiatan penambangan di wilayah kami sesuai dengan yang tertuang dalam IUP, hingga saat ini masih sebatas sosialisasi,” ungkap salah seorang pendemo.

Baca: Ratusan Pendemo Minta Pemda Tolak Usaha Tambang Kasimbar

Aliansi masyarakat pesisir dan aliansi desa bersatu Kasimbar mengancam akan melakukan aksi demo tandingan jika IUP PT Trio Kencana dicabut atau dihentikan.

Aksi tandingan pro PT Trio Kencana tersebut meminta Gubernur Sulawesi tengah, segera merekomendasikan agar perusahaan tersebut segera beroperasi.

“Untuk PT Trio Kencana kami mohon untuk segera menyelesaikan sosialisasi kepada masyarakat terkait proses penambangan yang akan dilakukan,” tutur perwakilan pendemo.

Baca: Ada Aktifitas Penambangan Lain di Kasimbar, Bukan PT Trio Kencana?

Sementara itu, Asisten perekonomian dan pembangunan, Rudy Dewanto didampingi Ahli Gubernur Bidang kemasyarakatan dan HAM Ridha saleh, S.Sos dan Tim Ahli Gubernur Bidang hukum, Abdul Rahim SH, MH menyampaikan, agar masyarakat bisa bersabar menunggu proses yang sedang berlangsung.

“Saat ini gubernur telah membentuk tim untuk melakukan kajian terhadap rekomendasi yang akan diajukan kepada Menteri ESDM. Dan kedatangan masyarakat Kasimbar yang pro maupun kontra dengan keberadaan PT Trio Kencana semua akan ditampung aspirasinya,” terang Ridha Saleh.

Intinya kata dia, Gubernur Sulawesi tengah, Rusdy Mastura, pasti akan mengambil keputusan yang berpihak dengan kepentingan masyarakat.

Akasi tandingan itu sendiri berakhir dengan damai dan meninggalkan kantor gubernur Provinsi Sulteng pukul 15.30 wita. (fan)

Baca: Spanduk Mendukung Kegiatan Pertambangan PT Trio Kencana Beredar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.