Puluhan Hektar Sawah Tolai Timur Terancam Gagal Tanam

Tanggul sawah jebol Desa Tolai Timur
Tanggul sawah jebol Desa Tolai Timur (Foto: Ist)

Parimo, gemasulawesi.com Puluhan Hektar sawah petani di Desa Tolai Timur Kecamatan Torue Kabupaten Parigi Moutong (Parimo) Provinsi Sulteng terancam gagal tanam.

Pasalnya, sawah petani terendam air akibat tanggul yang ada jebol oleh banjir yang menerjang persawahan warga belum lama ini.

Bacaan Lainnya

Hal tersebut diungkapkan Sekdes Tolai Timur, I Wayan Bonefasius di balai Desa Tolai Timur, 5 juli 2019. Tanggul tersebut kata dia, sudah tiga kali mengalami kerusakan alias jebol.

“Kini, kondisi kerusakan puluhan hektar sawah sudah semakin meluas jika dibiarkan akan semakin memperihatinkan,” ungkapnya.

Ia melanjutkan, tanggul yang jebol terletak di Dusun Empat berbatasan dengan Desa Balinggi Jati. Kerusakan tanggul dapat mempengaruhi aktifitas warga yang berprofesi sebagai petani sawah sehingga menyebabkan gagal tanam.

Selain itu kata dia, genangan air yang menerjang persawahan juga sangat mempengaruhi kerusakan tambak dan empang milik warga Desa Tolai Timur.

“Kami sudah mengusulkan kepada Dinas PUPR dan BPBD Kabupaten Parimo untuk ditindaklanjuti. Sekaligus akan membuat proposal perbaikan tanggul beserta dokumentasinya dalam waktu dekat ini,” terangnya.

Warga Tolai Timur yang tidak bersedia namanya di publis mengatakan, saat ini pemilik sawah yang bercocok tanam padi palawija terancam tidak dapat melakukan tanam padi karena kondisi areal persawahan milik mereka rusak.

Mudah-mudahan Pemda Kabupaten Parimo memberikan solusi terbaik bagi warga Desa Tolai Timur. Agar kondisi tanggul tersebut secepatnya dikerjakan mengingat sudah mendekati musim tanam.

Sementara itu, BPBD Kabupaten Parimo dikonfirmasi sudah mengetahui hal tersebut. Pihaknya sudah turun ke lokasi tempat jebolnya tanggul sawah.

Laporan: Sidik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *