PTPS Parimo Awasi Pemungutan Suara Pemilu di TPS

0
104
Hari ini, Bawaslu Parimo Gelar Sidang Ajudikatif
Ketua Bawaslu Parimo, Muchlis (Foto: gemasulawesi.com)

Parimo, gemasulawesi.com Badan pengawas pemilu (Bawaslu) Kabupaten Parimo Provinsi Sulteng mengerahkan Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) mengawasi pemungutan suara Pemilu serentak 2019 di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Hal tersebut diungkapkan, Ketua Bawaslu Kabupaten Parimo Muchlis, di sela-sela kegiatan penguatan kelembagaan Bawaslu, Jumat, 5 April 2019.

“Pengawas Pemilu terdiri dari Panwascam dan Panitia Pengawas Lapangan dan PTPS secara bersama mengawasi potensi pelanggaran Pemilu,” ungkapnya.

Diketahui, sesuai aturan pelaksanaan Pemilu, PTPS Parimo sudah memulai tugasnya sejak surat suara, dan peralatan Pemilu tiba di TPS.

Apabila ada hal mendesak dan situasional, PTPS selalu berkoordinasi dengan PPL ataupun kordinasi langsung ke Bawaslu Kabupaten.

“Apabila ada temuan pelanggaran Pemilu, PTPS dapat melakukan langkah persuasif hingga langkah penindakan” jelasnya.

Langkah persuasif dimaksud, adalah teguran langsung terhadap potensi pelanggaran Pemilu dalam pelaksanaan pemungutan suara.

Apabila langkah persuasif dianggap gagal, PTPS wajib menindak dengan melaporkan dalam berita acara khusus kepada panitia pengawas Pemilu desa atau kelurahan.

“PTPS telah mulai bertugas sejak bulan Maret tahun 2019 dengan durasi tugas 30 hari,” terangnya.

Harapannya, Pemilu 2019 di Parimo dapat berjalan dengan bebas, aman, dan rahasia.

Ia mengingatkan, seluruh penyelenggara untuk bekerja sesuai dengan tupoksinya, dan bersikap netral dalam menjalankan tugasnya.

Baca juga: KPU Parimo Musnahkan Puluhan Ribu Surat Suara

Laporan: Muhammad Rafii.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here