PT Poso Energy Tuntaskan Pembayaran Kompensasi Akhir Mei 2022

waktu baca 2 menit
(Foto Istimewa)

Sulawesi Tengah, gemasulawesi – PT Poso Energy akan tuntaskan pembayaran kompensasi terhadap petani sawah yang kena dampak dari uji coba Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Poso 1 di Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah akan selesai pada akhir Mei 2022.

Penuntasan pembayaran ini diungkapkan oleh Koordinator penanganan dampak PT Poso Energy Agus Syamsi, Jumat 27 Mei 2022.

“Tujuan kami adalah menyelesaikan pembayaran kompensasi masa tanam padi pada akhir Mei kepada petani yang terkena dampak kegiatan perusahaan,” ucap Agus Syamsi, koordinator manajemen dampak energi PT Poso, pada Jumat 27 Mei 2022.

Sejak pertemuan mediasi petani dengan PT Poso Energy oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tengah yang menargetkan pembayaran ganti rugi akan selesai bulan April sebelumnya.

Baca: 14 Daftar Tempat Wisata Semarang yang Sangat Wajib kamu Kunjungi

Namun, beberapa nama petani yang berhak mendapatkan ganti rugi, kembali menjadi perhatian dari berbagai pihak sehingga akan menyebabkan keterlambatan pembayaran maka dari itu akan dilakukan perubahan kebijakan pengelolaan yang dipastikan selesai pada bulan ini.

“Komunikasi kami dengan Pemprov Sulawesi Tengah dan para petani terdampak sudah baik berdasarkan hasil pertemuan sebelumnya,” kata Agus Syamsi.

Dia menekankan bahwa tidak ada paksaan dari pihak petani untuk menerima pembayaran kompensasi ini. Sebaliknya, perusahaan merangkul para petani di sekitar Danau Poso.

Agus Syamsi juga mengatakan tidak ada tekanan, murni tanggung jawab perusahaan terhadap masyarakat yang terkena dampak kegiatan kami. Petani di sekitar Danau Poso terdapat di empat kecamatan dan 16 desa. Perusahaan energi beroperasi di danau untuk kebutuhan jangka panjang.

Ia juga menjelaskan, pembayaran ganti rugi mengacu pada lima poin yang menjadi dasar pembayaran, yaitu analisis data hidrologi dan klimatologi danau dan sungai Poso dari tahun1972 hingga 2019, kajian peta topografi, tutupan lahan dan peta batimetri Danau Poso, Provinsi Sulawesi Tengah.

Selain itu, ada wawancara dengan penduduk yang tinggal dan bekerja di daratan di sepanjang danau, dan juga didokumentasikan mengunakan drone serta pantauan citra satelit resolusi 50 cm dari 2019 hingga 2022.

“Selama ini PT Poso Energy melakukan sejumlah pekerjaan untuk kebutuhan jangka panjang, sehingga keberadaan PLTA ini akan berdampak positif bagi kelangsungan hidup masyarakat,” ucap Agus Syamsi. (*)

Baca: Rekomendasi Wisata di Padang

Kunjungi Gemasulawesi di : Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.