Senin, April 12, 2021
BerandaSulawesi TengahBawaslu Sebut PSU di Parimo Berjalan Lancar

Bawaslu Sebut PSU di Parimo Berjalan Lancar

- Advertisement -spot_img

Berita sulawesi tengah, gemasulawesiBawaslu Provinsi Sulawesi Tengah menyebut, pelaksanaan Pemungutan Suara Ulang atau PSU di Kabupaten Parimo berjalan lancar sudah sesuai prosedur.

“Pelaksanaan PSU di TPS 4 Desa Sumber Agung Parimo, berjalan sesuai amanat Undang-Undang dan Peraturan KPU (PKPU),” ungkap Koordinator Divisi Sumber Daya Manusia (SDM) Bawaslu Sulawesi Tengah Zatriawati, di Palu, Minggu 13 Desember 2020.

Ia mengatakan, angka partisipasi pemilih cukup bagus. Pasalnya, masih tetap konsisten. Selama ini, yang dikhawatirkan setiap pelaksanaan PSU adalah partisipasi pemilih.

Menurutnya, fase pemungutan suara ulang dinilai cukup rawan. Sebabnya, bisa saja dimanfaatkan orang-orang tertentu, untuk memobilisasi massa. Atau mengarahkan pemilih untuk memilih pasangan calon tertentu, atau tidak memilih sama sekali.

Baca juga: Wagub Harap Angka Partisipasi Pemilih Meningkat

“Belajar dari Pilkada sebelumnya. Jumlah pemilih saat PSU, tidak sama yang datang ke TPS, dibandingkan dengan pemungutan suara sebelumnya,” tuturnya.

Sehingga, Bawaslu memperketat pengawasan sebelum hari pemilihan. Tujuannya, untuk mengantisipasi pelanggaran termasuk potensi politik uang.

Sementara itu, KPU Kabupaten Parigi Moutong mengatakan. Tingkat partisipasi pemilih PSU di TPS 4 Desa Sumber Agung, Kecamatan Mepanga sebanyak 61,3 persen.

Baca juga: Tiga TPS di Parimo Dipastikan Bakal PSU

“PSU telah dilaksanakan dengan baik. Dan berjalan sesuai prosedur, termasuk penerapan protokol kesehatan dengan ketat,” tutur Anggota KPU Parigi Moutong, Abdul Chair. Saat memantau rekapitulasi suara di Kecamatan Mepanga.

Menurutnya, antusias masyarakat atau pemilih yang datang ke TPS cukup baik. Meskipun, jumlah sedikit menurun namun tetap stagnan.

Terdata, dari 331 jumlah pemilih dalam DPT TPS 4 Desa Sumber Agung. Hanya 203 pemilih yang menyalurkan hak pilih.

Baca juga: Berpotensi Salah Prosedur, Gencar Djarot Bakal Tempuh Praperadilan

“Apabila dibandingkan dengan pemungutan suara 9 Desember lalu, jumlah pemilih yang berpartisipasi sebanyak 251 orang,” sebutnya.

Dari hasil PSU di TPS itu, pasangan nomor urut 1 Moh Hidayat-Bartolomeus Tandigala memperoleh 16 suara, lalu pasangan nomor urut 2 memperoleh 186 suara.

Baca juga: Bawaslu Rekomendasi PSU TPS 4 Desa Sumber Agung Parigi Moutong

Selanjutnya, jumlah suara sah 202 suara dan satu suara tidak sah.

“Pelaksanaan PSU juga dijaga ketat aparat TNI/Polri dan dilaporkan berjalan aman,” tutupnya.

Baca juga: FKUB Morut Keluarkan Pernyataan Sikap Terkait Pilkada

Laporan: Muhammad Rafii

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -

Must Read

- Advertisement -
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Related News

- Advertisement -spot_img