Bawaslu Rekomendasi PSU TPS 4 Desa Sumber Agung Parigi Moutong

Bawaslu Rekomendasi PSU TPS 4 Desa Sumber Agung Parigi Moutong
Iskandar Mardani Bersama Panwascam Mepanga Bahas Potensi PSU TPS 4/Foto Istimewa.
Jangan Lupa Share

Berita Parigi moutong, gemasulawesi- TPS 4 Desa Sumber agung Kecamatan Mepanga direkomendasikan PSU oleh Bawaslu Kabupaten Parigi moutong.

Hal tersebut berdasarkan hasil pengawasan dari petugas Pengawasan Tempat Pemungutan Suara (PTPS) Desa Sumber Agung Kecamatan Mepanga pada tanggal 9 Desember 2020 terdapat 278 orang daftar pemilih tetap dan 9 daftar pemilih tambahan sehingga jumlah penguna pemilih berjumlah 278 orang di TPS 4.

Baca juga: Tiga TPS di Parimo Dipastikan Bakal PSU

Dari 9 DPTB terdapat 2 orang pemilih yang tidak memenuhi syarat diloloskan oleh KPPS untuk melakukan pencoblosan dan dianggap melanggar Ketentuan UUD dan PKPU. Berdasarkan rilis yang diterima media ini, sebelumya PTPS sudah melakukan pencegahan atau menyarankan kepada KPPS agar tidak memasukan kedua orang itu sebagai   kategori pemilih tambahan, namun KPPS tetap meloloskan bersikukuh meloloskan.

Baca juga: Bimtek KPPS Dinilai Mampu Tingkatkan Kualitas Pemilu

Keterangan Ketua Panwascam Mepanga Ananias via telepon saat dikonfirmasi mengatakan, sudah menindak lanjuti hasil pengawasan PTPS dan berkoordinasi dengan Bawaslu Kabupaten. Pihak Bawaslu Kabupaten Parimo langsung merespon laporan tersebut melakukan investigasi di sekretariat Panwascam mepanga

Baca juga: Upah Minim, KPPS Dianggap Buruh Pemilu Tertindas

Komisioner Divisi Penanganan pelanggaran Bawaslu Parigi Moutong Iskandar Mardani Sos,M.PA Devisi Penanganan Pelanggaran yang dikonfirmasi membenarkan potensi PSu tersebut.

“Ada dua warga memiliki KTP-el berdomisili di Kel/Desa Tatura Barat Kecamatan Palu Selatan yang kedu-duanya merupakan Pasangan Suami Istri Inisial K dan S. diberikan Kesempatan oleh KPPS untuk melakukan Pemungutan suara dan dimasukan kedalam model C daftar hadir tambahan sebagai pemilih Tambahan (DPTB),” ungkapnya.

Baca juga: Ini Peta Potensi Tanah Longsor Sulawesi Tengah

Menurutnya, keputusan KPPS melanggar ketentuan UUD 10 tahun 2006 tentang Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Bupati dan Wakil Bupati serta Walikota dan wakil Walikota.serta PKPU 8 tahun 2018 tentang Pemungutan dan perhitungan Suara pemilihan Gubernur dan wakil Gubernur Bupati dan wakil Bupati serta Walikota

“Saya sudah melakukan Investigasi di Sekretariat Mepanga kedua pemilih itu tidak memenuhi syarat untuk dimasukkan dalam DPTB,” tutur Iskandar.

Baca juga: Bawaslu: Bupati Parigi Moutong Tidak Penuhi Unsur Pelanggaran Pemilu

Rencanaya Jum’at 11 Desember 2020 pihak Bawaslu akan mengeluarkan Surat Rekomendasi  ke KPU Parigi moutong untuk melakukan Pemungutan Suara Ulang (PSU).

Baca juga: Bawaslu Sulteng: Awasi Masa Tenang Kampanye

(**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Related Post