Proyek Paving SIKIM “Bermasalah” Disebut Milik Yanto

0
104
Tampak Kansting pengancing Pavin block pada gambar diatas hanya menggantung diatas tanah (perhatikan tanda panah merah,red). (foto Dok gemasulawesi)
SHARE

PPTK proyek pemasangan paving di lokasi Sentra Industri Kecil Dan Menengah (SIKIM) berbandrol Rp940 juta itu, Wawan Yulianto kepada gemasulawesi,com menyebut Yanto dan Memet sebagai pelaksana pekerjaan membawa bendera perusahaan CV Fiesta Mandiri.

Parimo, gemasulawesi.com- PPK I Wayan Sumarya yang dikonfirmasi juga menyebut nama Yanto, menguatkan keterlibatan pria yang sehari-harinya dikenal sebagai Konsultan tersebut.

Berdasarkan hasil konfirmasi kepihak PPK, I Wayan Sumarya, paving block yang digunakan oleh pihak Yanto adalah Pavin yang dibeli di area Kota Palu.

“Menurut, Yanto dibeli di Palu pak paving blocknya. Sayangnya sampai sekarang sertifikasi pengusaha pavin block sebagai syarat layak hingga saat ini belum diberikan oleh pihak pelaksana,” ungkapnya.

I Wayan Sumarya, saat diperlihatkan foto terakhir kondisi paving dimaksud yang berhasil didokumentasikan tim gemasulawesi.com, sempat terdiam sejenak dan mengatakan jika seperti itu kondisinya maka ada kesalahan dalam teknis pekerjaan.

“Masih dalam masa pemeliharaan pak kalau terkait kerusakan dititik itu, nanti disampaikan kepada pelaksananya,” sanggahnya.

Ditanyakan apakah masuk bagian masa pemeliharaan bila pekerjaan dimaksud dikerjakan tidak sesuai teknis? I Wayan Sumarya tidak bisa menjawab dengan pasti.

Berdasarkan hasil uji coba Hammer Test pada sejumlah paving yang diambil menjadi sample, diketahui mutu pavin block hanya berada pada kisaran K 200, sebagian paving block malah ada yang berada dikisaran 185.

Untuk menguatkan hasil uji Hammer test tersebut tim gemasulawesi juga mengirimkan sample Paving ke laboratorium yang berada di wilayah Jawa untuk kemudian diketahui secara resmi kuat tekan beton pavin block yang digunakan di SIKIM.

“Nanti saya konfirmasi dulu ke pihak pelaksana, sekalian mau mengecek kembali sertifikasi pabrikasi paving blocknya,” elaknya.

Ia menambahkan, dirinya juga akan berkoordinasi dengan pihak konsulatan pengawas pekerjaan yang dinilainya telah lalai dalam melakukan pengawasan jika benar pekerjaan dimaksud tidak sesuai dengan spesifikasi atau RAB yang ada.

Laporan: Tim gemasulawesi


SHARE

Tinggalkan Balasan