Banner Disperindag 2021 (1365x260)

Protes PPKM Level Empat: Walikota Palu Bisa Beri Kelonggaran

Protes PPKM Level Empat, Walikota Bisa Beri Kelonggaran
Foto: Illustrasi PPKM level-empat

Gemasulawesi– Mendapat protes PPKM level empat dari beberapa pedagang, Walikota Palu sebut bisa beri kelonggaran dengan beberapa persyaratan mesti dipenuhi.

“Itu bisa saja dilakukan pemerintah. Dengan catatan para pedagang disiplin menerapkan Prokes saat menggelar dagangannya,” ungkap Walikota Palu, H Hadianto Rasyid, saat menerima penyampaian protes PPKM level empat dari sejumlah pedagang di Kota Palu, Kamis 5 Agustus 2021.

Baca juga: Senin, PPKM Level Empat Mulai Berlaku di Kota Palu dan Morowali Utara

Prokes dimaksud adalah membatasi jumlah pengunjung sebesar 30 persen dari kapasitas lapak. Mengatur pembeli untuk menjaga jarak, mencuci tangan, dan mengenakan masker.

“Jika bisa berkomitmen melaksanakan hal itu, maka kelonggaran bisa diberikan mulai tanggal 10 Agustus 2021,” tuturnya.

Kelonggaran belum dapat dilakukan saat ini karena edaran pengetatan PPKM Level empat sudah terlanjur diterbitkan hingga tanggal 9 Agustus 2021.

Sebaliknya jika pedagang tidak bisa berkomitmen terhadap hal itu, maka dengan sangat terpaksa, pemerintah akan menutup kembali kegiatan pedagang untuk membuka usahanya.

Baca juga: Kampung Tangguh Kota Palu, Inovasi Ditengah Pandemi

“Secara pribadi saya sangat prihatin dengan pembatasan itu. Namun disisi lain, pemeritah daerah harus tetap berusaha keras untuk mengendalikan penyebaran covid19,” sebutnya.

Disisi lain pula, jika pemerintah daerah tidak melaksanakan PPKM, maka akan ada sanksi diberikan kepada kepala daerah dari pemerintah pusat.

Makanya, saat ini pemerintah dan masyarakat harus bersinergi agar Kota Palu bisa segera keluar dari zona PPKM level empat dengan cara mematuhi seluruh aturan Prokes.

Baca juga: Banggai Upayakan Ketersediaan Ruang Perawatan Pasien Covid19

Pedagang mengaku siap jalankan pesyaratan walikota

Menanggapi arahan Walikota Palu, para pedagang protes PPKM level empat mengaku siap melaksanakan hal itu.

“Kami berkomitmen akan meneruskan arahan Walikota Palu kepada seluruh pedagang di Hutan Kota berjumlah 120 pedagang,” ungkap Fahri, seorang pedagang yang hadir.

Ia bahkan menyebut, akan turut mensosialisasikannya kepada pedagang yang lainnya.

Kedatangan para pedagang ini dipimpin Bhabinkamtibmas setempat, Muhammad yang juga menjadi ketua RT di kompleks Hutan Kota. (**)

Baca juga: PPKM di Kota Palu, Pemkot Tiadakan Penyekatan Pos Perbatasan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Related Post