2Banner GIF 2021

Prosedur Seleksi Calon Jaksa Agung Diusul Dilakukan Tim Independen

Prosedur Seleksi Calon Jaksa Agung Diusulkan Dilakukan Tim Independen
Gedung Kejaksaan Agung RI/Dok. Kejaksaan agung

Nasional, gemasulawesi – Prosedur seleksi calon Jaksa Agung diusulkan dilakukan oleh tim independen beranggotakan para ahli dan profesional hukum.
Menurut, Direktur Advokasi dan Jaringan Pusat Studi Hukum dan Kebijakan Indonesia (PSHKI), Fajri Nursyamsi, jabatan Jaksa Agung sebaiknya tidak lagi dipilih oleh Presiden secara langsung agar lebih terjaga independensinya. Jabatan Jaksa Agung sebaiknya dipilih dengan mekanisme seleksi oleh tim independen.

Baca juga: Fadli Zon Desak Pemerintah Bentuk Tim Independen Usu

“Perlu untuk digarisbawahi jaksa agung idealnya tidak dipilih berdasarkan penunjukan oleh presiden, tapi berdasarkan mekanisme diatur dalam undang-undang,” katanya dalam Rapat Dengar Pendapat Umum RUU Kejaksaan di Komisi III DPR, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu 17 November 2021.Lanjut dia, perlu ada mekanisme seleksi sampai pemilihan penetapan itu dilakukan dalam sebuah prosedur melibatkan banyak pihak.
Tim independen tersebut, kata Fajri, diisi oleh para ahli dan profesional hukum. Dia ingin memastikan mekanisme pemilihan Jaksa Agung terbangun dalam prosedur yang akuntabel, transparan dan partisipatif.

Baca juga: Lima Point Penting Rakor Perencanaan Pembangunan Parigi Moutong 2021

“Dalam hal ini memang tim seleksi tim independen ini dikhususkan untuk melihat calon terbaik potensinya dan disesuaikan dengan kebutuhan kelembagaan dari kejaksaan itu sendiri,” ungkapnya.
Fajri menjelaskan, nantinya seleksi calon Jaksa Agung bisa dimunculkan tiga nama. Setelah disetujui tim seleksi independen baru diberikan kepada Presiden untuk disetujui.
Ia menjelaskan, masa jabatan Jaksa Agung sebaiknya tidak bergantung pada kabinet dan penunjukan atau pemberhentian oleh presiden. Tapi ditetapkan selama lima tahun dan dapat diberhentikan karena alasan pelanggaran hukum dan kode etik.
Terkait dengan persyaratan, lanjut dia, jabatan Jaksa Agung dipilih dari orang yang memiliki latar belakang sebagai jaksa. Dengan begitu, para jaksa mempunyai jenjang karir yang jelas. (***)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Related Post