Dinas PUPRP Parigi Moutong Siapkan Program Pemutihan IMB

waktu baca 2 menit
Foto: Plt Kadis PUPRP Rivai, ST.

Berita parigi moutong, gemasulawesi– Target membenahi sektor perizinan sesuai amanat Peraturan daerah, Dinas PUPRP Parigi Moutong, Sulawesi Tengah siapkan program pemutihan IMB.

“Pembenahan perizinan mesti dilaksanakan. Apalagi, semenjak berlakunya Perda nomor 6 tahun 2020 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Kabupaten Parigi Moutong Tahun 2020-2040,” ungkap Plt Kadis PUPRP Rivai, ST, M.Si, di Parimo, Jumat 29 Januari 2021.

Menurutnya, program pemutihan IMB Dinas PUPRP Parigi Moutong, Sulawesi Tengah adalah keringanan dalam proses pemberian Izin Mendirikan Bangunan (IMB).

Ia mengatakan, program ini bertujuan untuk menertibkan bangunan-bangunan yang sudah lama berdiri, meringankan masyarakat dalam pengurusan IMB dan menggenjot Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor IMB.

Terkait PAD, Dinas PUPRP Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, menargetkan estimasi Rp750 Juta pada tahun 2020.

Beberapa strategi mengejar target PAD diluncurkan DPUPRP Parigi Moutong. Termasuk program pemutihan IMB dan Instalasi Pengolahan Air (IPA) Sistim Penyediaan Air Minum (SPAM) yang sudah ada di beberapa kecamatan. Seperti di Kecamatan Moutong, Parigi dan Torue.

Baca juga: Ketua DPRD Parigi Moutong Ingatkan Dinas PUPRP Perketat

“Selama ini, banyak warga yang mengeluh terkait masalah gambar bangunan miliknya. Dengan program IMB ini, masyarakat akan difasilitasi untuk mendapatkan gambar bangunan miliknya,” tuturnya.

Tentu saja layanan program pemutihan IMB DPUPRP Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, diberikan tanpa mengeluarkan biaya. Warga pemohon IMB hanya dimintai retribusi saja.

Sedangkan untuk biaya restribusi pemutihan IMB, masih akan dibahas dengan Dinas Perizinan Terpadu, Parigi Moutong, Sulawesi Tengah.

Baca juga: Dinas PUPRP Rehab Jembatan Cabang Tiga Bolano

“Akan dikaji, apakah akan ada potongan untuk warga berpenghasilan rendah atau dibebaskan dari restribusi,” terangnya.

Rencananya, Dinas PUPRP Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, pada Februari 2021 akan disiapkan semua hal terkait program pemutihan IMB.

Termasuk tenaga gambar bangunan. Karena yang menggambar bangunan harus mempunyai pendidikan dan sertifikat.

“Rencananya, Maret 2021 kami akan luncurkan program ini sebagai hadiah Ultah Kabupaten Parigi Moutong,” tutupnya.

Baca juga: Kasus Izin Impor Bawang Putih, KPK Sasar Dokumen di Kementrian Terkait

Laporan: Muhammad Rafii

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.