Program Inovasi Desa Jauh Dari Harapan, Ini Sebabnya

0
781
Program Inovasi Desa Jauh Dari Harapan, Ini Sebabnya
Kadis PMPD Parimo, Fit Dewana Dalam Rakor Inovasi Desa Parimo (Foto: Rafii)

Parimo, gemasulawesi.comProgram inovasi desa di Kabupaten Parigi Moutong (Parimo), Provinsi Sulteng masih jauh dari harapan.

Sebabnya, berdasarkan data DPMPD Parimo, sebanyak 282 komitmen jenis kegiatan dari 180 desa peserta program inovasi desa tahun 2018. Hanya 104 jenis kegiatan masuk dalam penganggaran APBDes.

Hal tersebut diungkapkan Kadis PMPD Parimo, Fit Dewana, kepada gemasulawesi.com. Usai menghadiri rapat koordinasi inovasi desa tim inovasi desa Kabupaten Parimo tahun anggaran 2019.

“Kemudian, dari 273 komitmen jenis kegiatan, yang harus dilaksanakan 206 desa peserta program inovasi desa di tahun 2017. Hanya 89 kegiatan yang masuk dalam penganggaran APBDes,” ujarnya, Rabu, 22 Juli 2019.

Diakuinya, sebagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang berfungsi melakukan pembinaan dan pendampingan secara intens, DPMPD Parimo telah lalai menjalankan fungsinya.

Selain itu, pemerintah desa masih cenderung mengutamakan pembangunan fisik sebagai poin penting dalam memajukan desa.

Walaupun membangun ekonomi masyarakat melalui program yang berkaitan dengan pemberdayaan masyarakat desa dalam penggunaan Dana Desa (DD) jauh lebih baik.

“Fisik bisa cepat rusak, tapi kalau ekonomi masyarakat desa kuat, akan bersamaan dengan pembangunan desa kearah yang lebih maju,” terangnya.

Ditambahkannya, berdasarkan hasil evaluasi DPMPD Parimo terhadap sejumlah desa atas pelaksanaan sejumlah kegiatan program inovasi desa. Kegiatan ekowisata mangrove Desa Sigenti Selatan yang menjadi perhatian KemendesPDT.

Serta, Bumdes Sehati yang menghasilkan omset sekitar Rp 5 Juta Tahun 2017 dan sekitar Rp 9 Juta Tahun 2018.

“Ada juga contoh lainnya yaitu Posyandu ceria Desa Sidole dengan anggaran Rp 47 Juta di tahun 2019. Serta kegiatan wirausaha kelompok ibu-ibu Desa Pombalowo yang ada sejak tahun 2018 hingga kini,” tutupnya.

Laporan: Ahmad Nur Hidayat

Tinggalkan Balasan