Polisi Bekuk Pria Sedang Transaksi Narkoba di Banggai

Polisi Bekuk Pria Sedang Transaksi Narkoba di Banggai
Foto: Pelaku Penyalahgunaan Narkoba di Banggai, Sulawesi Tengah.
Jangan Lupa Share

Berita banggai, gemasulawesi– Upaya memberantas kasus penyalahgunaan Narkotika, Polisi Satuan Narkoba bekuk satu pria sedang transaksi Narkoba di Banggai, Sulawesi Tengah.

Satnarkoba membekuk pria sedang transaksi Narkoba itu di kediamannya Jalan Pulo Bokan, Kelurahan Kompo, Kecamatan Luwuk Selatan, Banggai, Sulawesi Tengah. Saat itu, Minggu 7 Februari 2021, sekitar pukul 14.00 Wita.

“Pria pelaku penyalahguna Narkoba itu berinisial SN alias I (40),” ungkap Kasat Narkoba Iptu Makmur, mewakili Kapolres AKBP Satria Adrie Vibrianto, di Banggai, Sulawesi Tengah, Minggu 7 Februari 2021.

Ia mengatakan, penangkapan terhadap pria sedang transaksi Narkoba itu, atas laporan dari masyarakat yang sangat resah dengan aktivitas terlarang itu. Bahkan, di rumah itu sering terjadi transaksi penyalahgunaan Narkoba.

Baca juga: Tiga Kecamatan di Parimo Rawan Penyebaran Narkoba

Dari informasi itu, Sat Narkoba Polres Banggai, Sulawesi Tengah, langsung menuju lokasi untuk melakukan penyelidikan dan penggeledahan di dalam rumah tersangka.

“Tersangka ditangkap di dalam rumahnya tanpa perlawanan,” terangnya.

Dari penggeledahan, polisi berhasil menyita barang bukti dari pria sedang transaksi Narkoba, berupa satu sachet plastik bening ukuran besar. Dan empat plastik bening ukuran sedang diduga berisi sabu.

Ia mengatakan, lima sachet sabu ini ditemukan dalam saku celana pria sedang transaksi Narkoba.

“Seluruh barang bukti narkotika jenis sabu berat bruto 7,65 gram bersama tersangka, digelandang ke Mapolres,” sebutnya.

Diketahui, penyalahgunaan Narkoba diatur dalam Undang-Undang. Diantaranya, Pasal 114, 119 dan 124 UU Narkotika.

Pasal 114 UU Narkotika untuk golongan I diancam pidana penjara seumur hidup atau pidana penjara paling singkat lima tahun. Dan paling lama 20 tahun dan pidana denda paling sedikit satu miliar rupiah dan paling banyak sepuluh miliar rupiah.

Pasal 119 UU Narkotika untuk Golongan II dengan berat narkoba melebihi lima gram, pelaku dipidana dengan pidana mati, pidana penjara seumur hidup, atau pidana penjara paling singkat lima tahun. Dan paling lama 20 tahun dan pidana denda maksimum ditambah sepertiga.

Pasal 124 UU Narkotika untuk Golongan III dengan berat melebihi lima gram. Pelaku dipidana penjara paling singkat lima tahun dan paling lama lima belas tahun dan pidana denda maksimum ditambah sepertiga.

Pria sedang transaksi Narkoba yang berhasil dibekuk Polres Banggai, Sulawesi Tengah, akan jalani proses hukum lebih lanjut.

Baca juga: Polisi Amankan Dua Pelaku Narkoba di Banggai

Laporan: Rahmat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Related Post