Banner Disperindag 2021 (1365x260)

PPKM Level Empat Diperpanjang, Ini Kebijakan Pemkot Palu

PPKM Level Empat Diperpanjang, Pemkot Palu Longgarkan Aktifitas Warga
Foto: Pembahasan terkait perpanjangan PPKM level 4.

Gemasulawesi– Meskipun PPKM level empat diperpanjang, mulai 24 Agustus hingga 6 September 2021. Pemkot Palu, Sulawasi Tengah, ambil kebijakan longgarkan aktifitas warga dengan syarat protokol kesehatan ketat.

“Perpanjangan penerapan PPKM di Kota Palu, menyusul konferensi pers Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto pada Senin, 23 Agustus 2021 malam,” ungkap Walikota Palu, H Hadianto Rasyid, saat memimpin Rapat Koordinasi (Rakor) dan evaluasi penanganan Covid19, diruang kerjanya, Selasa 24 Agustus 2021.

Ia menjelaskan, kebijakan longgarkan aktifitas warga itu seperti pesta dan hajatan dibolehkan. Meskipun PPKM level empat diperpanjang.

Baca juga: Pemerintah Diminta Kawal Perusahaan Pertambangan Emas di Parigi Moutong

Namun, dengan aturan 25 persen tamu undangan dan waktu pelaksanaannya hanya siang hari saja.

“Pelaksanaannya hanya boleh siang hari. Tidak ada malam,” ujarnya.

Selain itu, kegiatan olahraga juga mulai dilonggarkan, kecuali senam masal.

Namun, kebijakan pelonggaran saat PPKM level empat diperpanjang dengan catatan tidak membuat kerumunan, jaga jarak, dan memperhatikan protokol kesehatan.

Baca juga: PPKM Level 4 Palu, Pemkot Beri Kebijakan Pelonggaran Pelaku Usaha

“Petugas juga kita akan tempatkan di lokasi-lokasi olahraga. Kecuali senam kita belum bolehkan. InsyaAllah secara bertahap,” ungkapnya.

Dia berharap, kepedulian bersama terhadap pelaksanaan protokol kesehatan dengan ketat, harus terus dibangun, saat PPKM level empat diperpanjang. Sehingga, aktivitas masyarakat dapat terus dilonggarkan.

Pada kesempatan itu, di juga menyebutkan, terkait lokasi pemberlakuan Lock Mikro Efektif (LME) untuk Zona Hijau, akan diputuskan kembali. Sebab, berdasarkan data, ada beberapa wilayah di kota Palu angka kasus virus coronanya cukup tinggi.

Baca juga: Pemkot Beri Pelonggaran Lock Mikro Efektif di Perumahan Dosen Palu

Pemkot Palu adakan lomba zona hijau untuk Covid19

Selain itu, Walikota mengungkapkan, Pemkot Palu akan mengadakan lomba zona hijau untuk Covid19.

Terkait kriterianya, masih dalam proses penyusunan dan akan dilakukan pemberian reward saat peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Palu ke-43 mendatang.

“Selain lomba zona hijau juga termasuk lomba kebersihan. Nanti kita akan sediakan reward dan kita berikan saat peringatan HUT kota Palu,” tuturnya.

Baca juga: Angka Covid19 Tinggi, PPKM Level Empat Diperpanjang 9 Agustus 2021

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto mengatakan, PPKM di luar Jawa-Bali diperpanjang mulai 24 Agustus hingga 6 September 2021.

Dijelaskannya, di luar Jawa dan Bali, ada perkembangan level assessment yang sedikit membaik. Wilayah PPKM level 4 dari 11 provinsi kini menjadi tujuh provinsi. Dari sisi kab/kota, level 4 juga turun dari 132 menjadi 104.

Kemudian level 3 dari 215 kab/kota menjadi 234. Sedangkan wilayah PPKM level 2 dari 39 kab/kota menjadi 48. (***)

Baca juga: Protes PPKM Level Empat: Walikota Palu Bisa Beri Kelonggaran

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Related Post