PP Muhammadiyah Peringati Hari Raya Idul Adha Sabtu 9 Juli 2022

waktu baca 2 menit
(Foto Istimewa)

Berita Nasional, gemasulawesi – Pengurus Pusat (PP) Muhammadiyah peringati hari raya Idul Adha jatuh pada Sabtu 9 Juli 2022. Sesuai dengan hisab hakiki wujudul hilal.

Sekretaris Jendral PP Muhammadiyah Abdul Mu’ti di laman twitter mengatakan, penetapan untuk peringati hari raya Idul Adha 1443 H jatuh pada hari Sabtu 9 Juli 2022 M. Warga Muhammadiyah akan melaksanakan shalat Idul Adha ditempat.

Dia mengatakan bahwa jika hujan atau cuaca tidak mendukung maka bisa dilaksanakan di masjid. Sholat Idul Adha dilaksanakan dengan mengikuti protokol kesehatan dan menghormati umat Islam yang masih melaksanakan puasa Arafah dan melaksanakan shalat Idul Adha pada hari Minggu, 10 Juli 2022.

“Shalat Idul Adha merupakan bagian dari ibadah Mahdlah yang dilakukan sesuai dengan keyakinan yang dijamin oleh UUD 1945,” ujarnya.

Baca: Dugaan Pemerkosaan Siswi SMK, Polres Touna Lamban Tangani Kasus

Oleh karena itu, Muhammadiyah menghimbau kepada aparat pemerintah di semua lapisan dan masyarakat untuk memberikan kebebasan dan jaminan untuk melaksanakan ibadah bagi umat Islam yang menunaikan salat Idul Adha berbeda dengan pemerintah.

Kementerian Agama Republik Indonesia mengumumkan hasil rapat Isbat bahwa awal Dulhijjah jatuh pada 1 Juli 2022. maka, hari raya Idul Adha jatuh pada 10 Juli 2022.

Demikian disampaikan Wakil Menteri Agama Kh Zainut Tauhid Saadi dalam konferensi pers di Auditorium HM. Rasjidi, Kantor Kementerian Agama RI, Jalan MH. Thamrin, Jakarta, pada Rabu 29 Juni 2022.

“Disepakati bahwa tanggal 1 Dzulhijjah 1443 Hijriah jatuh pada hari Jumat 1 Juli 2022. Ini ujian isbat yang kita sepakati bersama,” kata Zainut Tauhid Saadi. (*/Ikh)

Baca: 8 Tradisi Unik Perayaan Idul Adha di Indonesia Yuk Disimak!

Ikuti Update Berita Terkini Gemasulawesi di : Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.