Home PARIGI MOUTONG Forkopimda Ingatkan Kewaspadaan Potensi Bencana La Nina

Forkopimda Ingatkan Kewaspadaan Potensi Bencana La Nina

Berita parigi moutong, gemasulawesiForkompimda Parigi Moutong (Parimo) Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) mengingatkan kewaspadaan potensi bencana La Nina.

“Melalui apel konsolidasi, kita dapat meningkatkan sinergitas,” ungkap Wakil Bupati Parigi Moutong Badrun Nggai saat Apel Konsolidasi Antisipasi Bencana Alam, di Mako Polres Parimo, Jumat 6 November 2020.

Selain itu, apel konsolidasi antisipasi bencana alam untuk meminimalisir terjadinya korban dan kesiapsiagaan.

Baca juga: BMKG: Frekuensi Bencana La Nina Berpotensi Naik

Ia mengatakan, diperlukan partisipasi semua pihak dalam menghadapi bencana alam. Dengan menggunakan prinsip cepat dan tepat, meminimalisir korban, penyelamatan manusia dan harta benda, lakukan secara terpadu dengan sinergitas dan solidaritas.

“Kita semua harus lebih peka, lebih peduli permasalahan yang dihadapi dan berperan aktif dalam penanggulangan bencana,” tegasnya.

Pada kesempatan yang sama unsur Forkompimda Parigi Moutong Kapolres AKBP Andi Batara Purwacaraka, membacakan sambutan Kapolda Sulawesi Tengah Irjen Pol Abdul Rakhman Baso.

Baca juga: Periode Oktober-November 2020, Potensi Curah Hujan Tinggi

Ia mengatakan, apel konsolidasi dalam rangka penanggulangan bencana merupakan salah satu cara dalam menghadapi kerawanan dan potensi bencana yang disebabkan faktor alam atau non alam.

“Perlu kesiapsiagaan dari pemerintah dan unsur terkait, serta seluruh masyarakat sekaligus untuk mengantisipasi dan meminimalisir terjadinya bencana alam di wilayah Sulawesi Tengah khususnya wilayah Kabupaten Parigi Moutong,” tuturnya.

Ia melanjutkan, saat ini harus terus waspada mengingat informasi dari BMKG tentang cuaca ekstrim dan potensi bencana La Nina di akhir tahun 2020.

Baca juga: Banjir di Tolitoli, 350 KK Mengungsi

Informasi BMKG memprediksi akan terjadi cuaca ekstrim, curah hujan yang tinggi disertai angin kencang yang berpotensi menyebabkan banjir dan longsor.

“Segera mempersiapkan segala sarana dan prasarana yang siap operasional, dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. Serta, laksanakan tugas kemanusiaan ini dengan penuh integritas, tulus, ikhlas dan loyalitas serta penuh tanggungjawab,” jelasnya.

Apel Konsolidasi Antisipasi Bencana Alam diakhiri dengan pemeriksaan pasukan, dan pemeriksaan kesiapan kondisi kendaraan dinas sarana penunjang tugas di lapangan dalam mengantisipasi bencana akhir tahun 2020.

Baca juga: Warga Purwosari Sulawesi Tengah Masih Trauma Banjir

Diantaranya, yaitu Mobil Water Canon Polres Parigi Moutong, Mobil Tambora, Truck Patroli Sabhara, Mobil Patwal Lantas, Mobil Patroli TNI, Mobil Binmas, Truck Patroli Pol PP, Mobil Patroli Dishub, Truck Dinas Sosial, Truck BPBD, Mobil Damkar, Mobil PLN, Sepeda Motor Binmas, Sepeda Motor Patroli Sat Binmas, dan kendaraan dinas lainya.

Turut hadir dalam kegiatan itu, Perwira Penghubung 1306 Donggala Mayor Inf. Rompis, Kepala Kejaksaan Negeri Parigi Muhamat Fahrorozzi,SH, Kadis Kesehatan dr.Agus Hadi, Kalak BPBD Aziz Tombolotutu, Perwakilan Kasat Pol PP, Para Pejabat Utama Polres Parigi Moutong,  Kapolsek Jajaran, Para Perwira Polres, dan Para Kepala OPD terkait lainya.

Baca juga: Prediksi Cuaca Sulawesi Tengah 28 November 2019

Laporan: Muhammad Rafii

NO COMMENTS

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.