Posyandu Kabupaten Parigi Moutong Berjumlah 1.317 Unit

waktu baca 2 menit

Parigi Moutong, gemasulawesi – Berdasarkan laporan oleh Dinas Kesehatan Parigi Moutong jumlah Posyandu yang ada saat ini di Kabupaten Parigi Moutong berjumlah 1.317 unit.

Dari jumlah yang telah dirincikan untuk Posyandu ibu dan anak berjumlah 451, Posyandu remaja sebanyak 268, Posyandu Lansia sebanyak 283 dan untuk Posyandu PTM sebanyak 315.

Hal tersebut diungkap oleh Kepala Dinas Kesehatan Parigi Moutong Elen Nelwan SSos Mkes saat menggelar kegiatan kerja sama dengan Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Tengah di Hotel Ludya Kampal, Parigi, Kamis 12 Mei 2022.

Elen juga menjelaskan, ini akan menjadi kekuatan jika semua Posyandu memiliki standarisasi dengan strata minimal Purnama bahkan mandiri dalam pelaksanaanya.

Terkait hal ini dia mengatakan, sudah sesuai dengan revisi standar Kementrian Kesehatan tahun 2000, strata tersebut juga sesuai dengan data yang dikumpulkan.

“Berdasarkan data yang dikumpul tahun 2021 strata Posyandu kita untuk Kabupaten Parigi Moutong masih di angka 55,72,” katanya.

Baca: Keberadaan Posyandu Dapat Tingkatkan Pelayanan Kesehatan Ibu Dan Anak

Ia juga menyampaikan, Posyandu kita saat ini masih perlu didorong agar bisa naik strata, tidak pada strata Pratama atau Madya, menurut dia untuk dua tingkatan strata ini wewenangnya ada dalam penilaian Komunikasi Data (Komdat) Promosi Kesehatan (Promkes) Kementerian Kesehatan, Posyandu dengan strata pertama dan madya termasuk dalam kelompok Posyandu yang tidak aktif.

“Artinya Posyandu kita masih harus didorong agar bisa naik strata, bukan strata Pratama dan Madya, karena untuk dua strata ini dalam penilaian Komdat data Promkes Kemenkes, Posyandu dengan strata Pratama dan Madya termasuk dalam kelompok Posyandu yang tidak aktif,” ujarnya saat membuka kegiatan penguatan. Percepatan Pembentukan dan Pengaktifan Pokjanal Tahun Anggaran 2022 di Hotel Ludya Kampal Parigi, Kamis 12 Mei 2022. (*)

Baca: KKB Papua Kembali Buat Aksi Keributan Kini Seorang Supir Jadi Korban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.