Jumat, Juni 25, 2021
Jangan Lupa Share

Polsek Palu Selatan Bekuk Dua Pelaku Curanmor

Must read

Jangan Lupa Share

Berita kota palu, gemasulawesi– Sat Reskrim Polsek Palu Selatan, Kota Palu, Sulawesi Tengah, bekuk dua pelaku pencurian kendaraan bermotor Curanmor.

“Tersangka berinisial RB (26) warga Jalan Siranindi, Kelurahan Siranindi, Kecamatan Palu Barat. Dan IT (24) mahasiswa alamat Jalan Gunung Gawalise, Kelurahan Nunu, Kecamatan Palu Barat,” ungkap Kapolres Palu AKBP Riza Faisal, di Kota Palu, Sabtu 29 Mei 2021.

Ia mengatakan, tersangka melakukan Curanmor di Jalan Moh Yamin, Palu Selatan, Kota Palu, Jumat 28 Mei 2021, pukul 20.00 Wita.

Keduanya juga diduga terlibat aksi Curanmor di Jalan Touwa, Kota Palu, Selasa 25 Mei 2021.

“Mereka ditangkap berdasarkan laporan polisi: Nomor:LP-B/0139/V/2021/Res-Palu/Sek Palsel tanggal 25 Mei 2021,” jelasnya.

Ia mengatakan, setelah melakukan penyelidikan polisi mendapatkan informasi keberadaan pelaku dan barang bukti motor.

Berdasarkan informasi itu, tim melakukan transaksi pembelian sepeda motor online via medsos.

“Kami bertemu dengan tersangka di Jalan Moh Yamin. Turut diamankan mengamankan dua unit sepeda motor merek Vino,” terangnya.

Ia menambahkan, polisi mengamankan pelaku Curanmor bersama barang bukti ke Mako Polsek Palu Selatan.

Diketahui, tindak pidana pencurian diatur dalam Pasal 362 KUHP.

Bunyinya, barang siapa mengambil barang sesuatu, yang seluruhnya atau sebagian kepunyaan orang lain, dengan maksud untuk dimiliki secara melawan hukum, diancam karena pencurian, dengan pidana penjara paling lama lima tahun atau pidana denda paling banyak sembilan ratus rupiah

Pencurian dengan pemberatan diatur dalam Pasal 363 KUHP berbunyi, diancam dengan pidana penjara paling lama tujuh tahun.

Diantaranya, pencurian ternak. Pencurian pada waktu ada kebakaran, letusan, banjir gempa bumi, atau gempa laut, gunung meletus, kapal karam, kapal terdampar, kecelakaan kereta api, huru-hara, pemberontakan atau bahaya perang.

Pencurian di waktu malam dalam sebuah rumah atau pekarangan tertutup yang ada rumahnya, yang dilakukan orang yang ada di situ tidak diketahui atau tidak dikehendaki yang berhak.

Pencurian yang dilakukan dua orang atau lebih dengan bersekutu.

Pencurian yang untuk masuk ke tempat melakukan kejahatan, atau untuk sampai pada barang yang diambil, dilakukan dengan merusak, memotong atau memanjat, atau dengan memakai anak kunci palsu, perintah palsu atau pakaian jabatan palsu.

Jika pencurian yang diterangkan dalam butir 3 disertai dengan salah satu hal dalam butir empat dan lima, maka diancam dengan pidana penjara paling lama sembilan tahun.

Baca juga: Kejar-kejaran Polisi dan Pelaku Curanmor di Tolitoli, Satu Tertangkap

Laporan: Rafiq

- Advertisement -spot_img

More articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Latest article