Polisi Sudah Tangkap 49 Pelaku Pungli di Tanjung Priok

Polisi Sudah Tangkap 49 Pelaku Pungli di Tanjung Priok
Foto: Bongkar muat pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara.
Jangan Lupa Share

Berita nasional, gemasulawesi– Polda Metro Jaya sudah menangkap 49 pelaku pungli di Tanjung Priok, Jakarta Utara.

“Operasi penangkapan pelaku pungli kepada sopir truk dilakukan dalam dua hari terakhir. Termasuk atasan tujuh orang kemarin ditangkap,” ungkap Kapolres Pelabuhan Tanjung Priok, AKBP Putu Kholis saat dikonfirmasi, Sabtu 12 Juni 2021.

Ia mengatakan, tersangka pungli di Tanjung Priok merupakan seorang karyawan outsourcing punya wewenang memberi perintah operator crane untuk memilih truk akan dilayani terlebih dahulu dalam proses bongkar muat.

Para pelaku pungli di Tanjung Priok pun mematok uang pungli dari korban dengan besaran Rp2 ribu hingga Rp20 ribu. Kemudian, Zainul sebagai koordinator menerima sebesar Rp100 ribu hingga Rp150 ribu setiap harinya.

Baca juga: Vaksinasi Nakes, Parigi Moutong Butuh 5 Ribu Dosis Vaksin

“Yang bersangkutan mengetahui aktivitas para operator di bawah pengawasannya melakukan pungli dengan modus meletakkan kantong plastik atau botol air mineral,” sebutnya.

Terpisah, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus mengatakan tersangka pungli di Tanjung Priok juga mengerahkan pelaku lain untuk dapat kabur dari kejaran aparat. Pengumuman itu dibagikan melalui grup WhatsApp kelompok ini.

Ia menjelaskan, Zainul meminta agar pelaku-pelaku lain belum tertangkap tak buka suara ihwal praktik pungli di area JICT.

Baca juga: 81 Orang Jadi Tersangka Kasus Narkoba Parigi Moutong 2020

“Supaya aman, tersangka meminta pelaku lain jangan bocorkan info kalau melibatkan dia,” tutur Yusri.

Menurutnya, 49 orang telah diringkus merupakan segelintir pelaku pungli di Tanjung Priok. Kepolisian tengah mendalami jaringan terlibat di belakang para tersangka.

Baca juga: Warga Donggala Temukan Pistol Rakitan di Lokasi Objek Wisata

Oleh sebab itu, pihaknya membentuk tim khusus mengusut tuntas aksi premanisme di ibu kota negara saat ini.

“Kapolda Metro Jaya menyampaikan tidak ada dan tidak boleh satu rupiah pun uang yang keluar oleh sopir ke para pelaku ini, kami akan tindak tegas. Kami akan kejar sampai ke mana pun,” tutupnya. (**)

Baca juga: Polisi Ringkus Satu Pengguna Narkoba di Palu Selatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Post