Banner Disperindag 2021 (1365x260)

Polisi Bubarkan Aksi Balapan Liar di Makassar

Polisi Amankan Bubarkan Aksi Balapan Liar di Makassar
Foto: Illustrasi aksi balapan liar.

Gemasulawesi– Tim Penikam bersama Patrol Sepeda Motor Polrestabes Makassar, Sulawesi Selatan, mengamankan belasan sepeda motor tanpa surat-surat lengkap dan keadaaan kendaraan tidak sesuai standar, dalam aksi balapan liar di Jalan AP Pettarani, Kota Makassar.

“Saat patroli kita amankan belasan kendaraan yang akan digunakan untuk balapan liar,” ungkap Komandan Regu Tim Penikam Polrestabes Makassar Bripka Amal di Makassar, Sabtu 7 Agustus 2021.

Awalnya, tim tengah melakukan Patroli di sekitar Jalan AP Pettarani kerap dijadikan arena aksi balapan liar.

Baca juga: Langgar PPKM Darurat, 103 Perusahaan di Jakarta Disegel

Saat operasi itu, seorang pemuda diamankan karena diduga pelaku balapan liar mengamuk dan menolak penyitaan sepeda motornya.

“Tidak menerima saat diamankan. Tapi saat kita periksa ternyata dia tidak memiliki surat-surat dan sepeda motornya sudah dimodifikasi,” jelasnya.

Pihaknya kemudian membawa belasan kendaraan dalam balapan liar itu ke Mapolsek Panakkukang dan Satlantas Polrestabes Makassar untuk diberikan sanksi tilang.

Dalam pembubaran balapan itu, seorang pemuda sempat mengamuk dan mengaku sebagai keponakan salah satu anggota Polri berpangkat Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) saat diamankan.

“Pangkat om saya AKBP,” klaim pemuda bernama Ali itu, saat diamankan, Sabtu dini hari.

Aksi balapan liar juga terjadi di Jakarta Pusat pada Jumat 6 Agustus 2021, sekitar pukul 01.00 WIB.

Pembubaran dilakukan Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya

Pembubaran dilakukan Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya di Jalan Asia Afrika. Aksi balap liar itu diketahui saat jajaran Satuan Patroli dan Pengawalan Ditlantas Polda Metro Jaya melakukan patroli di sekitaran Mal Senayan City.

“Melakukan penertiban terhadap balap liar kendaraan roda empat di Jalan Asia Afrika, khususnya depan mal Senayan City,” kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo kepada wartawan, Jumat 6 Agustus 2021.

Selain membubarkan aksi, sebanyak 25 kendaraan akan melakukan balap turut diamankan pihak kepolisian.

“Sementara kami lakukan pengecekan administrasi dan tentunya ada tindakan penilangan,” ungkapnya.

Dari hasil pemeriksaan, diketahui ada 18 pemuda tidak memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM) dan tujuh kendaraan tak memiliki Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK).

Polisi pun menilang para pengendara dengan Pasal 281, Pasal 288, dan Pasal 297 Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. (***)

Baca juga: Sabhara Polres Banggai Amankan Warga Mabuk Konsumsi Miras

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Related Post