Polemik Pilkades Serentak, DPMD Parimo Terima Sejumlah Laporan

1
243
Polemik Pilkades Serentak, DPMD Parimo Terima Sejumlah Laporan
Fit Dewana, Kadis DPMD Parimo

Parimo, gemasulawesi.com Polemik Pilkades Serentak yang bakal dilaksanakan DPMD Kabupaten Parimo, Provinsi Sulteng, pada 29 Juni 2019 membuat DPMD Parimo menerima sejumlah laporan.

Hal tersebut disampaikan Kepala dinas (Kadis) Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Parimo, Fit Dewana, disela kesibukannya kepada media ini, Kamis, 13 Juni 2019.

“Dari enam laporan yang masuk, kami telah berhasil melakukan klarifikasi kepada Panitia Pemilihan Kepala Desa (P2KD) di tiga desa,” ujarnya.

Dari enam laporan polemik tersebut, pihak pelapor mempersoalkan terkait transparansi pihak P2KD dalam hal tahapan penetapan calon yang terkesan sarat kongkalikong.

Padahal saat memberikan sosialisasi lanjut dia, DPMD menekankan kepada seluruh P2KD untuk bersikap transparan dan tertib administratif dalam setiap tahapan yang dilaksanakan.

“Hal itu wajib, misalkan P2KD menyandingkan berkas bakal calon yang lolos dengan yang tidak untuk mendapat kejelasan jika ada yang keberatan,” ungkapnya.

Dia tidak menampik, kemungkinan terdapat kelalaian yang dilakukan pihak P2KD dalam praktek dilapangan.

Hal tersebut bisa menimbulkan potensi polemik Pilkades yang ada, menjadi berlanjut ke ranah hukum.

Meski demikian, proses tahapan pelaksanaan Pilkades tetap berjalan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.

“Yang dapat membatalkan penetapan P2KD hanyalah rapat plenonya dan pengadilan,” jelasnya.

Menurutnya, rentan waktu tahapan pelaksanaan Pilkades yang begitu singkat, membuat proses klarifikasi berkas bakal calon dianggap tidak terlaksana dengan baik.

Terkait hal itu, DPMD juga telah mempersiapkan pembentukan tim penyelesaian sengketa Pilkades, penyambung bagi bakal calon yang masih merasa keberatan.

“Misalkan terhadap dugaan berkas calon yang ditetapkan, masih cacat administrasi. Hal ini yang menjadi tugas tim penyelesaian sengketa Pilkades untuk melakukan klarifikasi lanjut,” tutupnya.

Baca juga: Pemilik Ijazah Paket Diragukan Kualitasnya Oleh Camat Kasimbar

Laporan: Daniel

1 KOMENTAR

Tinggalkan Balasan