fbpx

Pohon Roboh Timpa Satu Rumah di Parimo Sulawesi Tengah

waktu baca 3 menit

Berita sulawesi tengah, gemasulawesi– Pohon roboh timpa satu rumah di Kabupaten Parigi Moutong Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng)

“Kejadian diperkirakan terjadi sekitar pukul 20.00 Wita,” ungkap salag satu saksi mata Selvi, di TKP Jalan Toraranga Kelurahan Maesa Kecamatan Parigi Kabupaten Parigi Moutong, Jumat 30 Oktober 2020.

Ia mengatakan, pohon yang roboh itu disebabkan angin kencang disertai hujan deras pada Kamis malam 29 Oktober 2020 di Parigi Moutong Sulawesi Tengah.

Rumah sekaligus kios kontrakan itu lanjut dia, persis terletak di persimpangan jalan. Kesaksiannya, pohon yang roboh merupakan pelindung yang berada disisi kiri jalan samping Kantor Bapusarda.

Baca juga: DLH Parimo Tindak Lanjuti Aduan Warga Olaya

“Tempat usaha pengetikan komputer dan service di rumah itu tertindih pohon yang roboh. Kerusakannya mencapai 80 persen,” urainya.

Ia melanjutkan, kesyukuran tersendiri tidak ada korbanjiwa dari kejadian ini. Semua penghuninya sementara berlibur ke Pulau Jawa.

Namun kata dia, barang yang ada di dalam rumah rusak itu sudah diamankan ke dalam rumah pemilik lahan di Maesa Parigi Moutong.

Dari pantauan, terlihat pegawai Kantor Kelurahan Maesa dan pekerja PLN Cabang Parigi dibantu Babinsa melakukan pembersihan dengan memotong pohon dan rantingnya.

Baca juga: Warga Tondo Kota Palu Tertimpa Pohon Tumbang

Sementara itu di lokasi kejadian, Babinsa Serda Gunastra mengatakan terjadinya pohon tumbang tadi malam yang diperkirakan antara pukul 20.00 wita hingga 21.00 wita.

“Angin bertiup kencang usai sholat Isha. Tidak lama berselang terdengar suara keras,” tuturnya.

Pasca terdengar bunyi yang keras kata dia, ia langsung ke TKP di persimpangan jalan Hasanudin dan jalan Toraranga.

Begitu tiba di lokasi lanjut dia, ia melihat sebuah rumah rusak akibat ditimpa pohon pelindung di Kelurahan Maesa Parigi Moutong. Beruntung, tidak ada korban jiwa.

Baca juga: Tertimpa Pohon Tumbang, Dua Warga Palasa Parigi Moutong Meninggal

BMKG Sempat Keluarkan Peringatan Cuaca Dini

Badan Mateorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Mutiara Sis Al-Jufrie kelas II Kota Palu Sulteng mengeluarkan himbauan peringatan cuaca dini.

BMKG menyebut potensi terjadi hujan intensitas sedang hingga lebat yang dapat terjadi disertai petir dan angin kencang untuk wilayah Sulawesi Tengah mulai pukul 19.30 hingga pukul 22.30 WITA.

BMKG Mutiara Sis Al-Jufrie kelas II Kota Palu Sulteng juga mengatakan peringan cuaca buruk ditujukan pada wilayah Kota Palu, Donggala, Parimo, Tolitoli, dan dapat meluas ke wilayah Poso, Sigi dan sekitarnya.

Baca juga: 213 Penggiat Alam Parigi Moutong Tanam Bibit Pohon di Pesisir Pantai

Khusus untuk angin kencang maksimalnya terdeteksi 28 not atau dengan kecepatan 60 km/jam. Tetapi kecepatan angin ini belum tergolong ekstrim.

Selanjutnya, BMKG mutiara Sis Al-Jufrie kelas II Palu menghimbau kepada masyarakat untuk waspada terhadap angin kencang dan petir.

BMKG menyarankan melakukan aktivitas secara indoor (dalam rumah) dulu. Kemudian untuk yang sedang dalam perjalanan diharapkan waspada dan peka terhadap yang terjadi di lingkungan sekitar.

Baca juga: Kesal Kondisi Jalan Rusak, Warga Mamuju Sulbar Tanam Pohon Pisang

Baca juga: 87 Unit Rumah Terbakar di Kerusuhan Buton

Laporan: Muhammad Rafii

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.