PMI Sediakan Jasa Jemput-Antar Donor Plasma Konvalesen

PMI Sediakan Jasa Jemput-Antar Donor Plasma Konvalesen
Foto: PMI jemput antar donor plasma konvalesen.
Jangan Lupa Share

Berita nasional, gemasulawesi– Palang Merah Indonesia (PMI) meluncurkan layanan kemanusiaan, dengan menyediakan jasa jemput-antar donor plasma konvalesen secara gratis.

“Kami sudah berupaya secara maksimal untuk mendistribusikan plasma konvalesen, tapi persoalannya jumlah penyintas yang menjadi donor sedikit,” ujar Ketua Umum PMI Jusuf Kalla (JK) dalam keterangannya, Senin 12 Juli 2021.

Layanan kemanusiaan jasa jemput-antar donor plasma konvalesen itu, diluncurkan untuk memenuhi kebutuhan mengalami peningkatan permintaan dalam beberapa pekan.

Baca juga: Gubernur Beri Peran Bangun Daerah ke Perusda Sulawesi Tengah

“Sementara permintaannya saat ini tinggi sekali, di DKI saja daftar tunggunya mencapai ribuan,” kata dia.

Dalam layanan jasa jemput-antar donor plasma konvalesen itu, PMI bekerja sama dengan perusahaan jasa transportasi Grup Blue Bird.

Inovasi layanan jasa jemput-antar donor plasma konvalesen itu merupakan pengembangan layanan jemput-antar pasien Covid-19 yang didukung perusahaan yang sama.

Dengan kemudahan itu, PMI berharap para penyintas Covid-19 dapat terlayani secara maksimal untuk mendonasikan plasma darahnya.

Baca juga: Banjir Sienjo-Sibalagu Parigi Moutong, 104 Kepala Keluarga Terisolir

Plasma konvalesen sebagai terapi pendamping

Seperti diketahui, plasma konvalesen diberikan kepada pasien Covid-19 sebagai terapi pendamping.

Plasma darah yang mengandung antibodi penyintas Covid-19 disebut dapat membantu meningkatkan pertahanan antibodi penderita terhadap virus corona.

“Ini merupakan salah satu terapi yang efektif menurut ahli. PMI sudah melakukan pelayanan donor plasma berdasarkan standar berlaku sejak lama. Untuk plasma konvalesen sendiri sejak pandemi sudah terdistribusi sekitar 50 ribu kantong,” ujarnya.

PMI sudah mampu mengolah sekitar 800 kantong darah dalam sehari dan 42 fasilitas pengolahan plasma konvalesen. Namun, kapasitas pengolahan belum diimbangi dengan jumlah donor plasma. Hal itulah yang mendasari PMI melakukan inovasi program jemput-antar plasma konvalesen.

“Karena itu kita jemput bola. Jadi, donor bisa meminta layanan ini agar dijemput dan diantar ke fasilitas donasi plasma konvalesen PMI, pulang juga diantar, nanti mekanismenya diatur,” tuturnya.

Sementara itu, Direktur PT Blue Bird Tbk Sigit Djokosoetono menambahkan, layanan kemanusiaan itu merupakan bentuk tanggung jawab sosial korporasi.

Sebagai pihak swasta, Blue Bird ingin berkontribusi dalam penanggulangan pandemi Covid-19. Sejumlah armada, sesuai kebutuhan, telah disiapkan pihaknya untuk memudahkan jasa jemput-antar donor plasma konvalesen. (***)

Baca juga: Peduli Korban Banjir, RAPI Parimo dan Donggala Salurkan 100 Paket Sembako

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Related Post