PMI Sebut Terapi Plasma Konvalesen Baik untuk Pasien Covid-19

PMI Sebut Terapi Plasma Konvalesen Baik untuk Pasien Covid-19
Foto: Illustrasi terapi plasma konvalesen.
Jangan Lupa Share

Berita nasional, gemasulawesi– PMI menyebut terapi plasma konvalesen sangat baik diberikan untuk pasien Covid-19 bergejala ringan dan sedang. Namun, tidak banyak membantu untuk kesembuhan pasien Covid-19 bergejala kritis.

“Pasien menerima plasma konvalesen adalah pada level rendah dan menengah, untuk pasien sudah sangat akut, itu tidak akan membantu banyak. Karena itu kalau ada pandangan sedang kritis, mari kita cari plasma, itu sebetulnya usaha tidak tepat,” kata Sudirman Said, Sekretaris Jenderal Palang Merah Indonesia (PMI), dalam diskusi bertajuk “Jalan Terjal PPKM darurat” secara virtual, Sabtu 17 Juli 2021.

Untuk donor terapi plasma konvalesen yang baik adalah berasal dari penyintas Covid-19 pernah mengalami gejala sedang dan berat.

Baca juga: Covid-19 Sulteng 17 Juli 2021: Bertambah 337 kasus dan 61 Sembuh

“Antibodinya itu dimanfaatkan untuk plasma,” ujarnya.

Jumlah penyintas Covid-19 mendonorkan plasma semakin sedikit. Sebab, sebagian besar dari mereka takut keluar rumah setelah sembuh dari Covid-19.

“Sekarang tinggal kita dorong supaya makin banyak pendonor bersedia menyumbangkan plasmanya,” ujarnya.

Kemudian, 90 persen terapi plasma konvalesen efektif menyembuhkan pasien covid-19 dengan gejala ringan.

“Kalau ringan dan menengah mendapatkan plasma itu mempercepat proses, karena dengan begitu dia kemasukan elemen antibodi baru,” ujarnya.

Baca juga: Peduli Korban Banjir, RAPI Parimo dan Donggala Salurkan 100 Paket Sembako

PMI sediakan jasa jemput-antar

Sebelumnya, PMI menyediakan jasa jemput-antar untuk donor terapi plasma konvalesen secara gratis. Layanan kemanusiaan ini diluncurkan untuk memenuhi kebutuhan plasma konvalesen mengalami peningkatan permintaan dalam beberapa pekan.

Inovasi layanan untuk donor terapi plasma konvalesen ini merupakan pengembangan layanan jemput-antar pasien Covid-19 didukung Blue Bird.

Dengan kemudahan itu, PMI berharap para penyintas Covid-19 dapat terlayani secara maksimal untuk mendonasikan plasma darahnya.

Seperti diketahui, plasma konvalesen diberikan kepada pasien Covid-19 sebagai terapi pendamping. Plasma darah mengandung antibodi penyintas Covid-19 itu disebut dapat membantu meningkatkan pertahanan antibodi penderita terhadap virus corona.

PMI sudah mampu mengolah 800-an kantong darah dalam sehari dan 42 fasilitas pengolahan plasma konvalesen.

Namun, kapasitas pengolahan itu belum diimbangi dengan jumlah donor plasma. Hal itulah menyadarkan PMI melakukan inovasi program jemput-antar plasma konvalesen. (***)

Baca juga: PMI Sediakan Jasa Jemput-Antar Donor Plasma Konvalesen

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Related Post