PMI Parigi Moutong Kirim Mobil Tanki Air Bersih di Torue

waktu baca 2 menit
(Foto Istimewa)

Berita Parigi Moutong, gemasulawesi – Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, menurunkan satu unit mobil tanki guna membantu pasokan kebutuhan air bersih korban banjir di Desa Torue.

Hal itu diungkapkan Kepala Markas PMI Parigi Moutong Nur Srikandi Puja saat ditemui di Torue, Selasa 02 Agustus 2022.

“Armada kami beroperasi sejak Senin 01 Agustus 2022 untuk memenuhi kebutuhan warga karena kebutuhan air bersih hingga saat ini masih sangat mendesak,” ucap Nur Srikandi Puja, Kepala Markas PMI Parigi Moutong, dalam pertemuan di Torue, Parigi Moutong, Selasa 02 Agustus 2022.

Ia menjelaskan, pembebanan taktis air bersih oleh mobil tangki PMI mengutamakan tangki penampung sehingga bisa melayani tetangga yang belum menerima air, mengingat kapasitas tangki yang terbatas.

Baca: Kementerian PUPR Bangun Pengendali Banjir di Sungai Torue

Pelayanan air bersih PMI tidak terbatas, pihaknya melayani 472 kepala keluarga yang terdampak karena air bersih digunakan untuk berbagai kebutuhan rumah tangga.

“Dengan tersedianya sarana dan prasarana, kami berusaha melayani warga terdampak dengan baik,” kata Puja.

Untuk mendukung kegiatan kemanusiaan, ia juga menyerukan penambahan dua mobil tanki dari Palang Merah Indonesia (PMI) Sulawesi Tengah untuk membantu pasokan air bersih di daerah bencana dan mempercepat proses distribusi.

Ia mengatakan, masalah sulit mendapatkan sumber air di desa Torue karena kondisi air sungai masih keruh pasca banjir, sehingga harus mendapatkan air dari desa lain, dengan satu unit armada, yang saat ini ada tentu mobilitasnya masih terbatas.

Selain layanan air bersih, pihaknya juga membantu menyiapkan makanan siap saji di dapur mumu yang berkapasitas dua kali makan sehari untuk warga terdampak selama masa tanggap darurat.

“Kami mengerahkan sekitar 20 relawan, didukung oleh 13 pengurus dan staf. Secara kemanusiaan, kami juga memiliki tanggung jawab untuk memenuhi kebutuhan dasar korban bencana selama masa tanggap darurat,” pungkasnya. (*/Ikh)

Baca: Kabinda Sulawesi Tengah Salurkan Bantuan Korban Banjir di Torue

Ikuti Update Berita Terkini Gemasulawesi di : Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.