PMI Parimo Bekali Relawan Analisa Potensi Bencana

  • Whatsapp
PMI Parimo Bekali Relawan Analisa Potensi Bencana
Bimtek Desa Sibat Parimo (Foto: Ist)

Parimo, gemasulawesi.com Palang Merah Indonesia atau PMI cabang Kabupaten Parigi moutong (Parimo), bekali relawan kemampuan analisa potensi kerentanan bencana di desa masing-masing.

“Pembekalan kemampuan analisa potensi bencana merupakan bagian dari agenda kegiatan Desa Siaga bencana berbasis masyarakat (Sibat) bentukan PMI Parimo,” ungkap Kepala Markas PMI Parimo, Nur Srikandi Puja Passau, Rabu, 30 Oktober 2019.

Bacaan Lainnya

Ia melanjutkan, kegiatan desa Sibat satu kesatuan dengan kegiatan masa pemulihan wilayah terdampak bencana gempa bumi yang melanda Provinsi Sulawesi tengah (sulteng) termasuk Parimo pada 28 September 2018 silam.

Untuk kegiatan masa pemulihan di Kabupaten Parimo, PMI Parigi Moutong bekali relawan dengan menggelar kegiatan Desa Sibat. PMI secara khusus membentuk relawan Sibat pada tiga desa terdampak paling parah.

Baca juga: Soal Pendapatan, DPRD dan Manajemen RSUD Anuntaloko Parimo Beda Versi

“Jadi untuk tahun 2019 ini, sebagai bagian dari kegiatan pemulihan bencana, PMI fokus pada Desa Petapa, Desa Dolago Induk dan Kelurahan Bantaya,” jelasnya.

Dia mengatakan, kegiatan Sibat bukan hanya persoalan kebencanaan. Namun, para relawan Desa Sibat akan dibekali dengan cara menganalisa potensi desa, menganalisa apa yang menjadi kapasitas desa untuk dapat di manfaatkan.

“Kecuali gempa yah, tapi analisa seperti bencana banjir, kebakaran hutan, bencana sosial, angin kencang, dan tsunami dan potensi bencana lain yang dapat terjadi sesuai dengan kondisi geografis di masing-masih desa,” terangnya.

Dia mengungkapkan, terlaksananya kegiatan desa Sibat atas dukungan seluruh Relawan PMI Kabupaten Parimo melalui Korps Sukarela (KSR) nya, yang selalu siap sedia menjalankan tugas setiap saat dibutuhkan.

Baca juga: Riset Potensi Kebencanaan Lokus Pada Tiga Wilayah Parigi Moutong

Selain itu, kegiatan desa Sibat juga mendapat bantuan pendanaan dari Federasi Internasional yang menaungi PMI.

“Alhamdulillah, PMI sangat beruntung memiliki kader relawan yang selalu siap untuk menjalankan tugas, kapan dan dimana saja,” terangnya.

Ia menambahkan, sebagai Camat Parigi, rencananya akan melibatkan seluruh desa dan kelurahan wilayah pemerintah Kecamatan Parigi, untuk diinstruksikan membentuk Desa Sibat bekerjasama dengan PMI.

“Insyaallah, 2020 nanti, saya perintahkan, seluruh desa dan kelurahan di Kecamatan Parimo, membentuk desa Sibat. Hal ini penting untuk wilayah kita, mengingat kondisi geografis wilayah ini, cukup rentan dengan bencana,” tandasnya.

Baca juga: Rekrutmen CPNS 2019, Mamuju Sulawesi Barat Dapat Kuota Delapan Formasi Guru

Laporan: Ahmad Nur Hidayat

banner 728x90

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

1 Komentar