Jumat, Juni 25, 2021
Jangan Lupa Share

Pilihan Berita Parigi Moutong Hari Ini

Must read

Jangan Lupa Share

Kupas tuntas, gemasulawesi- Pilihan berita parigi moutong hari ini memuat sejumlah artikel yang dipilih tim gemasulawesi, 11 Februari 2021.

Pilihan berita pertama adalah Terdakwa Korupsi DKP Parigi Moutong Ajukan Pengalihan Status Tahanan.

Pilihan berita parigi moutong hari ini diantaranya artikel usai Kejari lakukan penahanan, terdakwa korupsi DKP Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, SS mengajukan pengalihan status tahanan.

Kuasa hukum dari Badan bantuan hukum rakyat PDIP Sulawesi Tengah, Ahmar mengatakan, secara hukum pihaknya memliki hak mengajukan permohonan. Ia berharap, semoga saja bisa disetujui atau dikabulkan.

Ia menekankan dalam artikel Pilihan berita parigi moutong hari ini, sejak proses klarifikasi, tahap penyelidikan serta penyidikan SS terdakwa korupsi DKP Parigi Moutong sangat proaktif serta menghadirkan bukti-bukti dalam pemeriksaan.

Baca juga: Jurnalis Itu ‘Trust Industri’

Setiap pemanggilan dari Kejari kata Ahmar, terdakwa SS selalu hadir dan membawa bukti-bukti tidak ikut terlibat dan tidak bersalah dalam kasus ini.

Ahmar menuturkan dalam artikel Pilihan berita parigi moutong hari ini, sejak awal kasus korupsi DKP Parigi Moutong bergulir, SS sangat koperatif. Bahkan, persidangan Tipikor yang akan digelar di Kota Palu pun siap untuk dihadiri.

Ia menegaskan, SS siap untuk bolak-balik ke Kota Palu untuk berbagai agenda persidangan.

Apalagi, saat ini SS menduduki jabatan sebagai Wakil Ketua II DPRD Parimo yang memliki posisi strategis.

Namun disisi lain, pihaknya menghargai proses hukum yang dilakukan Kejari Parimo, Sulawesi Tengah dan menerima segala prosesnya.

Dalam artikel Pilihan berita parigi moutong hari ini, Kasi Intel Kejari Parimo, Rifaizal menambahkan penuntut umum punya kewenangan untuk menjalankan tugasnya. Dan tim kuasa hukum juga punya hak untuk mengambil langkah hukum lainnya.

Rifaizal menyebutkan, Kejari tidak mempunyai kewenangan melarang kuasa hukum mengambil hak hukumnya.

Pilihan berita kedua adalah Kejari Tahan Ketua DPC PDIP Parimo Terdakwa Dugaan Korupsi Aset DKP.

Dalam artikel Pilihan berita parigi moutong hari ini, Kejari tahan Ketua DPC PDIP Parimo terdakwa SS dugaan korupsi DKP Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, tahun 2012.

Kajari Parimo, Muhamat Fahrorozi mengatakan, pihaknya resmi tahan Ketua DPC PDIP Parimo, SS bersama dua terdakwa lainnya HL dan MT.

Jaksa penuntut umum Kejari Parimo, Sulawesi Tengah, menahan ketiga terdakwa dugaan kasus korupsi aset DKP, yang dilakukan Koperasi Tasibuke Katuvu di rumah tahanan negara, selama 20 hari kedepan.

Jaksa penuntut umum Kejari dalam artikel Pilihan berita parigi moutong hari ini, mendakwa ketiga terdakwa kasus korupsi DKP Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, dengan pasal 2 ayat 1 subsider pasal 3 Juncto pasal 18 Undang-undang nomor 20 tahun 2001. Tentang pemberantasan tindak pidana korupsi juncto pasal 55 ayat 1 ke 1 KUHP juncto pasal 65 ayat 1 KUHP.

Dalam artikel Pilihan berita parigi moutong hari ini diketahui, pasal 2 ayat (1) UU Tipikor menyebutkan setiap orang yang secara melawan hukum melakukan perbuatan memperkaya diri sendiri atau orang lain atau suatu korporasi yang dapat merugikan keuangan negara atau perekonomian negara dipidana dengan pidana penjara minimal empat tahun dan maksimal 20 tahun dan denda paling sedikit 200 juta rupiah dan paling banyak 1 miliar rupiah.

Pasal 3 menyebutkan setiap orang yang dengan tujuan menguntungkan diri sendiri atau orang lain atau suatu korporasi, menyalahgunakan kewenangan, kesempatan atau sarana yang ada padanya karena jabatan atau karena kedudukan yang dapat merugikan keuangan negara atau perekonomian negara dipidana seumur hidup, atau pidana penjara paling singkat 1 tahun dan paling lama 20 tahun dan atau denda paling sedikit 50 juta rupiah dan maksimal 1 miliar.

Sementara itu dalam artikel Pilihan berita parigi moutong hari ini, Kasi Pidsus Kejari Parigi Moutong, Mohamed Tang mengatakan, sejak awal Kejari terus melengkapi pemberkasan dugaan kasus korupsi aset DKP.

Ia menyebutkan, kasus hari ini dinyatakan sudah P21 atau lengkap, sehingga resmi penahanan kepada ketiganya.

Dikonfirmasi terpisah dalam artikel Pilihan berita parigi moutong hari ini, kuasa hukum dari badan bantuan hukum rakyat PDIP Sulteng, Ahmar SH usai penahanan terdakwa SS mengatakan, pihaknya menghargai proses hukum yang berjalan atas penahanan klien mereka.

Kuasa hukum terdakwa SS akan menunggu proses persidangan untuk mengambil langkah hukum selanjutnya.

Ia mengatakan dalam artikel Pilihan berita parigi moutong hari ini, menurut pandangan terdakwa SS, dakwaan ataupun sangkaan itu berbeda. SS menyebut dirinya tidak bersalah.

Pasalnya, kasus ini adalah sesuatu yang sudah lewat masanya yaitu tahun 2012 silam.

Apalagi kata dia, terdakwa SS sementara menggulirkan kasus perdata dari terkait kasusnya itu.

Saat ini, tim kuasa hukum SS meminta peralihan status tahanan. Sebab, secara aturan perundang-undangan memiliki hak untuk melakukan itu.

Dalam artikel Pilihan berita parigi moutong hari ini, kuasa hukum berharap semoga saja permohonan dari tim kuasa hukum terdakwa SS dugaan kasus korupsi aset DKP, bisa diterima.

Pilihan berita ketiga adalah Bupati Lantik 19 Pejabat Tinggi Pratama Pemkab Parimo.

Bupati Parigi Moutong (Parimo), Samsurizal Tobolotutu merotasi sejumlah pejabat di jajaran pemerintah kabupaten tersebut.

Dalam artikel Pilihan berita parigi moutong hari ini, pengambilan sumpah jabatan yang berlangsung di Kecamatan Tinombo, Parigi Moutong, Rabu 10 Februari 2021, sebanyak 19 pejabat tinggi pratama menduduki jabatan baru antara lain Sekretaris DPRD Parigi Moutong dijabat Hartati, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kamiluddin, Kepala Dinas Perhubungan Arman dan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Joni Taqunu.

Selanjutnya Kepala Dinas Ketahanan Pangan Siti Wahyu Wahyuni Borman, Inspektur Inspektorat Daerah Adrudin Nur, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik, Mohamad Sakti Lasimpala dan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Idran.

Dalam artikel Pilihan berita parigi moutong hari ini menyebutkan, jabatan Kepala Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Pertanahan Abd. Azis M Tombolotutu, Kepala Badan Pendapatan Daerah Masdin, dan Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Amir Syarifudin.

Kemudian, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Zulfinahcri, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Fit Dewana, dan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Moh. Yasir.

Dalam artikel Pilihan berita parigi moutong hari ini, Bupati Parigi Moutong juga melantik Asisten Administrasi Umum Armin, Staf Ahli Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik Mahmud M Tandju, Staf Ahli Bidang Ekonomi Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat Nelson Metubun, Staf Ahli Bidang Sumber Daya Manusia Pengembangan Kawasan dan Wilayah Mawardin, dan Direktur Rumah Sakit Umum Daerah Anuntaloko dr Revi JN Tilaar.

Dalam artikel Pilihan berita parigi moutong hari ini, Bupati Parigi Moutong Samsurizal mengatakan, para pejabat yang diambil sumpah segera menyesuaikan dengan jabatan baru bekerja dengan penuh rasa tanggung jawab.

Selain pejabat tinggi pratama, bupati juga mengambil sumpah jabatan terhadap tujuh pejabat administrator di antaranya Hayati Sawa Dape sebagai Camat Palasa, Tri Nugra Adiyatha (Camat Tinombo), dan Mohamad Syarif (Camat Tinombo Selatan).

Selanjutnya Dalam artikel Pilihan berita parigi moutong hari ini, jabatan Kepala Bagian Hukum dan Perundang Undangan Sekretariat Daerah Darwis Sududi, Kepala Bagian Umum pada Sekretariat Daerah Parigi Moutong Abd Malik Ibrahim, Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang dan Pertanahan I Nyoman Adi Sumanta, dan Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah Rifai.

Pada kesempatan itu, bupati mengharapkan dengan rotasi sejumlah pejabat dapat berdampak pada peningkatan pelayanan terhadap masyarakat, serta saling mendukung dan bersinergi dalam menjalankan tugas-tugas pemerintahan.

Bupati Dalam artikel Pilihan berita parigi moutong hari ini menyebut, rotasi penjabat adalah bagian dari penyegaran agar tidak terjadi kejenuhan dalam menjalankan tugas. Sebagai pemerintah, tentu kita harus mengedepankan kepentingan publik daripada kepentingan pribadi atau golongan.

Baca juga: Berita Parigi Moutong

Laporan: Muhammad Rafii

- Advertisement -spot_img

More articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Latest article