2Banner GIF 2021

Genjot Produktivitas, Buol Gunakan Peternakan Sapi Mini Ranch

Genjot Populasi, Buol Gunakan Peternakan Sapi Mini Ranch
Foto: Illustrasi Peternakan Sapi Mini Ranch.

Berita buol, gemasulawesi– Guna menggenjot produktivitas, Pemerintah Kabupaten Buol, Sulawesi Tengah, gunakan metode peternakan sapi mini ranch.

“Mini ranch bisa jadi sekolah untuk budidaya peternakan sapi,” ungkap Bupati Buol Amirudin Rauf, di Kabupaten Buol, Sulawesi Tengah, Senin, 1 Februari 2021.

Ia mengatakan, peternakan sapi mini ranch juga edukasi petani dan peternak di Kabupaten Buol, Sulawesi Tengah, cara budidaya rumput pakan ternak. Sehingga, ternak sapi bisa tumbuh berkualitas.

Peternakan sapi mini-ranch di Kabupaten Buol, Sulawesi Tengah, juga bisa mengajarkan cara pengelolaan kotoran sapi menjadi produk turunan berupa pupuk kandang dan biogas.

“Petani dan peternak perlu perdalam pengetahuan tambahan tentang produk turunan dari peternakan model ini,” sebutnya.

Petani dan peternak di Kabupaten Buol, Sulawesi Tengah, juga perlu mengetahui tentang budidaya rumput pakan ternak dari model peternakan sapi mini-ranch.

Dalam rangka pengembangan peternakan sapi mini-ranch, Pemkab Buol, Sulawesi Tengah, alokasikan APBD untuk menarget peningkatan populasi sapi.

“Pengadaan fasilitas dan sarana prasarana, serta peningkatan SDM dan keterampilan petani,” tuturnya.

Baca juga: Genjot PAD, Bappelitbangda Bakal Koordinasi Bapenda Parimo

Diketahui, peternakan sapi mini ranch adalah sebuah model pengelolaan budidaya sapi pedaging yang dilakukan di lahan penggembalaan.

Peternakan sapi ini telah ditingkatkan kapasitas dan kualitasnya melalui berbagai perlakuan ilmiah.

Pola peternakan sapi mini-ranch mereduksi biaya produksi. Sehingga, produknya memiliki keunggulan komparatif. Pemeliharaan sistem ini, akan semakin efisien dan ekonomis.

Baca juga: Sambut HPS, DPUPRP Parigi Moutong Bangun Kandang Ternak

Sebab sapi ternak bisa dilepas bebas di kawasan eks lahan tambang dan perkebunan. Selain itu, imbas pengembangan program ini akan lebih efektif. Sebab, sedikit memerlukan tenaga kerja.

Kegiatan ini, diprediksi mampu mempercepat pertumbuhan dan pertambahan ternak. Sebab pakan disiapkan dalam kawasan penggembalaan atau mini ranch itu.

Bupati Amirudin Rauf jadwalkan pembahasan dan evaluasi seputar target peningkatan populasi ternak lewat metode peternakan sapi mini ranch di Kabupaten Buol, Sulawesi Tengah.

Baca juga: Panwascam Periksa Penyuluh Peternakan Tomini Parimo

Laporan: Muhammad Rafii

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Related Post