Perumahan Guru SMA Negeri 1 Distrik Ilaga Hangus Dibakar KKB

waktu baca 2 menit
(Foto Istimewa)

Nasional, gemasulawesi – Perumahan guru SMA Negeri 1 Distrik Ilaga hangus terbakar akibat ulah dari kelompok teroris KKB Papua pada Jumat 13 Mei 2022 malam, berdasarkan laporan tak ada korban jiwa dari kejadian tersebut.

Hal tersebut dikonfirmasi oleh Kombes Ahmad Musthofa Kamal Kabid Humas Polda Papua membenarkan peristiwa pembakaran perumahan guru  yang dilakukan oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua pada Jumat 13 Mei 2022 malam.

“Kejadian itu terjadi pada pukul 19.00 WIB, dimana pos 408 menerima informasi melalui HT bahwa telah terjadi kebakaran di Rumah Guru SMA Ilaga 1 (Co. 53 M 793395 9559555),” jelas Kabid Humas Polda Papua Ahmad Musthofa Kamal, Sabtu, 14 Mei 2022.

Untuk mengatasi kejadian tersebut, kata Kamal, staf DPP Kanit Ipda Kristofol R Lewirissa bersama personel Damai Carntez mengunjungi Tempat Kejadian Perkara (TKP) pada pukul 19:10 WIT.

Ia juga menjelaskan, Personel Ops Damai Cartenz telah melakukan patroli serta penyisiran di sekitaran TKP namun tidak ada pergerakan dari Kelompok KKB.

“Anggota Ops Damai Cartenz dan warga perumahan membantu memadamkan api yang menghanguskan ruang guru di SMA Negeri 1 Ilaga dan pada pukul 19.20 WIB dan api berhasil dipadamkan,” kata Kamal.

Ia juga menambahkan, Tim Ops Damai Cartenz juga melakukan patroli di sekitar PT. MTT Ilaga, Kabupaten Puncak (Co. 53 M 793882 9559256) untuk memastikan tidak ada pergerakan dari kelompok KKB Papua.

Setelah proses pemadaman selesai, situasi Kamtibmas di Desa Wako, Kecamatan Ilaga, Kabupaten Puncak berangsur kondusif.

“Setelah konsolidasi, sejumlah personel Kabupaten Puncak bersiaga untuk mengantisipasi tindakan lebih lanjut pasca kebakaran,” katanya.

Baca: Haul Guru Tua Yang Ke 54, Wali Kota Palu Sebut Guru Tua Pencerah

Perlu diketahui sebelumnya, KKB Papua juga melakukan penembakan di Bandara Aminggaru Ilaga, Kabupaten Puncak Papua saat mengevakuasi pengemudi truk yang menjadi korban penembakan kelompok pada Jumat, 13 Mei 2022.

Empat tembakan dilepaskan ke arah Posko Lanud Kopasgat BKO XVII Lanud 25/Bandara Cenderawasih Aminggaru Ilaga dari arah Bukit Teletubis sekitar CO. 53M 791753 9559636 Desa Eromaga, Distrik Omukia.

“KKB dipimpin Tinus Murib, melakukan aksi tembakan dari Bukit Teletubis, Desa Eromaga, Kecamatan Omukia, dengan jarak diperkirakan sekitar 600 meter menuju Pos Landasan 25 Lanud Kopasgat BKO Kodam XVII/Cenderawasih, Bandara Aminggaru Ilaga,” sebut Kamal. (*)

Baca: Postingan Meme Anies Mengenakan Pakaian Adat Papua Beredar Luas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.