Pertamina Sosialisasi Subsidi di Empat Daerah Sulawesi Tengah

waktu baca 2 menit
Petugas pertamina mengisi bahan bakar (Ilustrasi Gambar)

Berita Sulawesi Tengah, gemasulawesi – Pertamina Patra Niaga menggelar sosialisasi subsidi tepat sasaran bahan bakar minyak di empat daerah Provinsi Sulawesi Tengah.

Hal itu diungkapkan Taufiq Kurniawan Senior Supervisor Communication and Relation Pertamina Patra Niaga Region Sulawesi Tengah di Palu, Jumat 15 Juli 2022.

“Empat daerah di Sulawesi Tengah dalam sosialisasi pendaftaran subsidi yang ditargetkan, yaitu Kota Palu, Kabupaten Sigi, Donggala dan Banggai,” ucap Senior Supervisor Communication and Relation Pertamina Patra Niaga Region Sulawesi Tengah Taufiq Kurniawan di Palu, Jumat 15 Juli 2022.

Ia mengatakan, pemberian subsidi jenis BBM khusus penugasan (JBKP), yakni pertalite dan solar, tepat sasaran untuk melindungi hak-hak masyarakat yang seharusnya menerima subsidi.

Baca: Dua Instansi Pemkot Palu Dinyatakan Lulus Seleksi Zona Integritas

Taufiq mengatakan setelah melakukan uji pertama pada Juli 2022 di Manado, Sulawesi Utara, Pertamina Region Sulawesi memperluas cakupannya ke Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Kota Mamuju dan Kabupaten Polewali Mandar Sulawesi Barat, Kota Kendari Sulawesi Tenggara, Kota Palu, Kabupaten Sigi, Donggala dan Banggai Sulawesi Tengah dan Kota Gorontalo.

“Program ini masih sebatas sosialisasi pendaftaran untuk menarik mereka yang berhak mendapatkan subsidi. Ini belum masuk dalam tata tertib pelaksanaan karena prosesnya masih cukup panjang,” ucapnya.

Ia mengemukakan, Pertamina menyediakan tiga layanan pendaftaran subsidi untuk kemudahan akses yaitu offline atau dengan datang ke SPBU, kemudian mendaftar melalui situs resmi Pertamina subsiditepat.mypertamina.id dan melalui aplikasi Mypertamina yang diakses melalui smartphone/gawai.

Ia menjelaskan, pendaftaran subsidi ini masih khusus untuk kendaraan roda empat ke atas. Sistem ini terbatas pada pendaftaran saja, bukan pembayaran saat pembelian BBM di SPBU, meskipun Pertamina sudah sebelumnya telah menerapkan pembayaran tunai dan non tunai untuk BBM.

Oleh karena itu, ia mengajak masyarakat Sulawesi Tengah untuk ikut serta dalam pendaftaran dan memasukan data pribadi pada KTP elektronik, kartu keluarga, foto bagian depan dan samping kendaraan.

Setelah proses registrasi, kata dia, data tersebut dikirim ke Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) sebagai regulator bersama dengan pemerintah, kemudian dilakukan pengecekan siapa yang memenuhi syarat dan siapa yang tidak berhak menerima BBM subsidi itu.

“Dengan adanya program ini diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi ketahanan stok BBM sehingga ketahanan energi nasional semakin baik dan merata,” pungkas Taufiq. (*/Ikh)

Baca: Resep Bolu Kukus Mekar Anti Gagal, Lembut, dan Enak

Ikuti Update Berita Terkini Gemasulawesi di : Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.