Banner Disperindag 2021 (1365x260)

Peringatan HUT RI, Walikota Palu: Hentikan Aktivitas Selama Tiga Menit

Peringatan HUT RI, Walikota Palu: Hentikan Aktivitas Selama Tiga Menit
Foto: Walikota Palu, Hadianto Rasyid.

Gemasulawesi- Walikota Palu, Sulawesi Tengah, himbau warga untuk hentikan aktivitas selama tiga menit pada peringatan HUT RI 17 Agustus 2021. Himbauan itu, tertuang dalam surat pemberitahuan nomor 003.1/1915/Humas/2021 tertanggal 13 Agustus 2021.  

Surat pemberitahuan Walikota Palu itu mengacu pada Surat Menteri Sekretaris Negara RI Nomor 6 S64/M/S/TU 00 04/07/2021 tanggal 28 Juli 2021 tentang Pedoman Peringatan HUT RI Ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) Tahun 2021.

Himbauan hentikan aktivitas selama tiga menit dimulai pukul 11.17 WITA sampai dengan 11.20 WITA, pada tanggal 17 Agustus 2021.

Baca juga: Pemkot Palu Dapat Apresiasi Capaian Realisasi APBD 2021

Dalam surat pemberitahuan Wali Kota Palu itu secara detail mengatur secara teknis ketika warga hentikan aktivitas selama tiga menit.

“Seluruh masyarakat Kota Palu berdiri tegap pada saat lagu Indonesia Raya berkumandang,” bunyi poin pertama.

Kemudian, pada poin kedua pengecuailan menghentikan aktivitas sejenak berlaku bagi warga dengan aktivitas berpotensi membahayakan diri sendiri dan orang lain, apabila dihentikan.

Ketiga, jajaran TNI dan Polri di Kota Palu diminta agar membantu keberhasilan pelaksanaan itu. Di antaranya, dengan memperdengarkan sirene atau suara penanda lainnya sesaat sebelum lagu Indonesia Raya berkumandang dan tetap memperhatikan penerapan protokol kesehatan pencegahan covid19.

Di poin ke empat, Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Palu, Dinas Perhubungan Kota Palu, dan para Kepala UPTD Puskesmas untuk membunyikan sirene secara serentak pada saat detik-detik Proklamasi.

Sehubungan dengan hal itu, Walikota Palu Hadianto Rasyid meminta seluruh elemen masyarakat memperbanyak dan mensosialisasikannya di lingkungan kerja masing-masing, serta membantu menyebarluaskan kepada masyarakat umum.

Baca juga: KPK Warning Kemendikbudristek Pengadaan Laptop untuk Pelajar

Mendagri keluarkan edaran tentang pedoman HUT RI

Diketahui, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) juga mengeluarkan surat edaran, Nomor 003.1/4212/SJ tanggal 5 Agustus 2021 tentang Pedoman Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) tahun 2021, dan mengingat kondisi pandemi Covid19,

Terdapat lima poin pedoman teknis peringatan HUT RI dalam surat tersebut, diantaranya adalah kegiatan seremonial dilaksanakan maksimal 30 (tiga puluh) orang dengan protokol kesehatan ketat.

Pelaksanaan kegiatan ceremonial mengutamakan penggunaan teknologi informatika atau melalui media virtual. (***)

Baca juga: Mendagri: Penundaan Pilkades Serentak Cegah Penyebaran Covid19

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Related Post