fbpx

Peringatan Dini BMKG: Sulawesi Tengah Waspada Hujan Disertai Petir

waktu baca 2 menit

Berita Sulawesi Tengah, gemasulawesi – Peringatan dini Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), melalui Stasiun Meteorologi Palu menghimbau masyarakat agar tetap waspada hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang disertai petir di delapan daerah Sulawesi Tengah.

Hal itu diungkapkan Ambinari Rachmi Prakirawan cuaca di Palu, Jumat 17 Juni 2022.

“Peringatan dini BMKG Sebagian besar wilayah di Sulawesi Tengah masih berpotensi hujan sedang hingga lebat dan ada wilayah tertentu yang akan disertai petir,” ucap Prakirawan cuaca BMKG di Stasiun Meteorologi Palu Ambinari Rachmi Putri, Jumat 17 Juni 2022.

Kedelapan kabupaten tersebut adalah Buol, Banggai, Poso, Morowali, Morowali Utara, Donggala, Parigi Moutong dan Sigi. Hujan dengan intensitas sedang hingga lebat juga memicu terjadinya angin kencang yang berdampak pada ketinggian gelombang atau bencana puting beliung.

Baca: Ratusan Rumah Terkena Dampak Banjir Buton, Sulawesi Tenggara

Ia menjelaskan, jika hujan mengancam petir, ini mempengaruhi penerbangan. Kita juga mewaspadai angin puting beliung yang bisa terjadi kapan saja.

Hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir umumnya terjadi pada sore hari hingga dini hari. BMKG juga terus memprakirakan curah hujan ringan hingga sedang untuk Kota Palu.

“Biasanya siang hari panas sekali, itu akan membentuk awan dan kemudian akan turun hujan,” ucap abinari.

BMKG mengimbau masyarakat untuk tetap waspada terhadap bencana hidrometeorologi seperti banjir, tanah longsor dan angin kencang, perkembangan prakiraan cuaca akan terus dibagikan kepada publik sehingga publik dapat mengetahuinya.

Ia menghimbau, agar tidak perlu panik, tidak akan terjadi apa-apa jika kita tetap waspada. Terutama di daerah rawan bencana. (*Ikh)

Baca: 4 Air Terjun yang Terkenal di Indonesia

Ikuti Update Berita Terkini Gemasulawesi di : Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.