Perbaikan Pipa SPAM Rusak Akibat Terseret Banjir Bandang Torue

waktu baca 2 menit
Ket Foto: Aktifitas pengerukan semenditasi di Bendungan Torue. (Foto/Ikhsan/Aco)

Berita Parigi Moutong, gemasulawesi – Perbaikan pipa Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) yang rusak akibat terseret banjir bandang di Desa Torue, Pemerintah Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah terus berupaya melakukan perbaikan.

Hal itu diungkapkan Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat dan Pertanahan (PUPRP) Parigi Moutong, Nyoman Adi di Torue, Rabu 03 Agustus 2022.

“Perbaikan pipa SPAM yang rusak terpasang di hulu, sedang di usahakan secepatnya dapat digunakan untuk melayani sambungan warga yang terkena banjir,” ucap Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan Rakyat dan Pertanahan (PUPRP) Parigi Moutong, Nyoman Adi ditemui di Torue, Rabu 03 Agustus 2022.

Ia menjelaskan, banjir bandang di Desa Torue pada Kamis malam 28 Juli 2022 menyebabkan kerusakan sekitar 18 pipa utama dan sambungan rumah SPAM di pemukiman dan hulu sehingga menyebabkan warga kesulitan mendapatkan air bersih.

Baca: Huntara Warga Korban Banjir Bandang Torue Bakal Disiapkan

Hal ini dikarenakan sebagian besar warga Torue menggunakan sambungan SPAM yang berasal dari sumber air baku Sungai Torue.

“Air bersih sudah masuk ke saluran pipa induk. Selain fokus pada perbaikan hulu, kami juga melakukan inspeksi jaringan distribusi air untuk memastikan sudah beroperasi setelah pekerjaan perbaikan selesai,” kata Nyoman.

Ia mencontohkan, faktor iklim sangat mempengaruhi kecepatan perbaikan infrastruktur jaringan SPAM, karena beberapa hari terakhir hujan terus mengguyur di bagian hulu sehingga menyulitkan pekerjaan.

Nyoman mengatakan, tim tidak bisa bekerja maksimal karena faktor cuaca. Hujan deras masih sering mengguyur, jadi kami hanya punya sedikit kesempatan. Kami juga harus mengutamakan keselamatan tim di lapangan.

Untuk membantu menormalkan jaringan SPAM, pemerintah daerah mengerahkan satu unit alat berat excavator untuk mengeruk sedimentasi.

Sesuai instruksi Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, saat meninjau bendungan Sungai Torue di Parigi Moutong, Selasa 02 Agustus 2022, pihaknya menggunakan empat alat berat tambahan untuk menormalkan bagian hilir sungai.

“Dalam tanggap darurat, semua sektor bahu membahu memenuhi kebutuhan dasar warga terdampak, termasuk memulihkan jaringan SPAM,” Pungkas Nyoman. (*/Ikh)

Baca: Enam Unit Mobil Tanki Air Bersih Suplai Korban Banjir Torue

Ikuti Update Berita Terkini Gemasulawesi di : Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.