Peran Kementerian BUMN Tangani Covid-19 dapat Apresiasi

Peran Kementerian BUMN Tangani Covid-19 dapat Apresiasi
Foto: Menteri BUMN, Erick Thohir.
Jangan Lupa Share

Berita nasional, gemasulawesi– Senior Equity Research Analyst MNC Sekuritas mengapresiasi langkah pemerintah melalui Kementerian BUMN tangani covid-19. Melalui instruksi emiten farmasi dan non farmasi untuk mendukung masyarakat dalam memulihkan kesehatan akibat corona sudah sangat tepat dan harus diapresiasi.

“Langkah strategis dilakukan pak Erick untuk memproduksi obat dan menyalurkan oksigen itu merupakan wujud Negara hadir di tegah masyarakat yang tengah kesulitan akibat serangan COVID-19. Produksi obat dari Kimia Farma dan Indofarma harus dilipatgandakan. Sehingga ketersediaan obat covid-19 di masyarakat dapat dipenuhi. Ketika COVID-19 ini bisa dengan cepat dikendalikan dan ditekan, ekonomi nasional pasti akan kembali membaik,” terang Victoria Venny.

Dia berharap, Kementerian BUMN tangani covid-19 dapat berkolaborasi dengan Kementerian Kesehatan dan platform telemedicine saat ini sudah ada. Agar masyarakat dapat segera tertolong dan mendapatkan obat terjangkau.

Dengan kolaborasi ini, pihaknya optimistis beban fasilitas kesehatan yang ada dapat berkurang serta tidak terjadi kepanikan di masyarakat.

Sebab, masyarakat mendapatkan kepastian akan pasokan obat di apotek milik BUMN.

Baca juga: Pelaku Penjual Obat Covid-19 Tidak Sesuai HET Dibekuk Polisi

“Nantinya masyarakat yang melakukan Isoman dapat menggunakan telemedicine untuk berkonsultasi dengan dokter, Setelah berkonsultasi masyarakat bisa mendapatkan obat dari apotek Kimia Farma atau apotek rekanan Kementerian Kesehatan. Sehingga masyarakat bisa mendapat layanan kesehatan dengan harga obat yang terjangkau sesuai dengan rekomendasi Pemerintah,” ujarnya.

Langkah dilakukan Menteri Erick saat ini adalah langkah strategis BUMN tangani covid-19 jangka pendek. Pihaknya juga berharap akan ada penanganan jangka menengah dan panjang.

Baca juga: Pendaftaran Mahasiswa Baru Poltekkes Tinombo Parigi Moutong Dibuka

Peran Kementerian BUMN Tangani Covid-19 dapat Apresiasi
Foto: Menteri BUMN, Erick Thohir.

Beberapa BUMN lainnya bisa ikut tangani covid-19 

Pihaknya menilai, Menteri Erick dapat mendorong beberapa BUMN tangani covid-19. Seperti PT Rajawali Nusantara Indonesia (RNI) Persero dan PT Rekayasa Industri (Rekind) Persero. Untuk dapat mendukung Pemerintah dalam menanggulangi dampak kesehatan akibat covid-19.

PT Rekid yang sudah terbiasa membangun kilang minyak dapat diberdayakan membuat alat untuk memproduksi oksigen generator baik untuk pemasangan di rumah sakit milik Pemerintah maupun memenuhi kebutuhan masyarakat.

Baca juga: Covid Sulteng 11 Juli 2021: Bertambah 184 Kasus Baru

PT RNI yang selama ini membuat alat kesehatan dapat dioptimalkan produksinya untuk membuat jarum suntik dan tempat tidur di rumah sakit milik Pemerintah maupun rumah sakit darurat.

“Dengan Rekid yang dapat membuat oksigen generator diharapkan ketergantungan rumah sakit akan oksigen dari perusahaan swasta dapat berkurang. RNI juga diharapkan dapat membuat jarum suntik dan tempt tidur untuk memenuhi kebutuhan rumah sakit. Jika BioFarma sudah bisa membuat vaksin covid-19 sendiri, tentu kebutuhan jarum suntuk untuk vaksinasi sangat tinggi,” tutupnya. (***)

Baca juga: Polisi Ringkus Pelaku Penjual Obat Covid-19 di Surabaya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Related Post