Penyaluran Dana Bantuan Stimulan Korban Bencana Parimo Molor

0
135
Penyaluran Dana Bantuan Stimulan Korban Bencana Parimo Molor
ilustrasi dana bantuan bagi korban bencana papasigala (Dokumentasi, Rilis.id)

Parimo, gemasulawesi.comPenyaluran dana bantuan stimulan bagi korban bencana gempa bumi pada 28 September lalu, diwilayah kabupaten Parimo, molor.  

Berdasarkan informasi yang dihimpun, semula dijadwalkan penyaluran dana bantuan stimulan bencana tersebut bakal disalurkan pada Februari 2019.

Dikonfirmasi terkait hal itu, Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Parimo yang menangani hal tersebut, melalui Bidang Penanganan Fakir Miskin bagian Data dan Informasi, Ayub Anshari.

Ia mengungkapkan, pihaknya masih melakukan proses pemberkasan kedua bagi penerima santunan korban bencana.

“Kami masih melengkapi data yang masih kurang dalam pemberkasan kedua bagi korban bencana gempa di Kabupaten Parimo,” ungkapnya. Jumat, 8 Maret 2018.

Terkait data tersebut kata dia, pemerintah pusat sudah meminta kembali penyetoran pemberkasan korban pada 28 Febuari yang lalu. Hanya saja, pihaknya masih menunggu proses pemberkasan kedua telah rampung.

Proses pencairan dana bantuan itu lanjut dia, langsung ke rekening ahli waris dan tidak bisa diwakili siapapun.

“Menurut informasi dari Pemerintah Pusat, Kabupaten Parimo di berikan lebih dahulu mengingat jumlah korban yang terbilang sedikit dibanding daerah lain,” jelasnya.

Sementara itu Kepala Dinas Pendudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Parimo, Lewis, yang ditemui di ruang kerjanya mengatakan, validasi data untuk korban bencana telah lama dilakukan, bahkan saat permintaan data pertama kali pasca bencana.

“Validasi data tersebut berupa penomoran Surat Akta Kematian dan penonaktifkan Nomor Induk Kependudukan (NIK),” Pungkasnya.

Baca juga: Data Verifikasi Rumah Terdampak Bencana Desa Matolele Diragukan

Laporan: Muhammad Rafii

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here