Pengertian dan Biografi Singkat Khulafaur Rasyidin

waktu baca 2 menit
Ket Foto: Ilustrasi

Kupas Tuntas, gemasulawesi – Pernahkah Anda mendengar tentang  Khulafaur Rasyidin, Dalam sejarah Islam, Khulafaur Rasyidin berperan penting dalam penyebaran dan orientasi Islam setelah wafatnya Nabi SAW.

Khulafaur Rasyidin adalah seorang pemimpin yang mendapat hidayah dari Allah dan dikenal sebagai pemimpin yang sangat bijaksana.Sebutan Khulafaur Rashidin adalah empat sahabat nabi yang menjadi pemimpin umat islam setelah nabi wafat Tidak hanya sebagai pemimpin umat Islam, keempatnya adalah penguasa negara, penguasa rakyat dan penguasa pemerintahan saat itu.Siapa  Khulafaur Rasyidin? Berikut empat Khulafaur Rasyidin yang penting untuk kita ketahui.

Abu Bakar As Shiddiq

 Abu Bakar memiliki nama asli Abdul Ka’bah dan kemudian Nabi mengubahnya menjadi nama Abdullah. Abu Bakar menjadi Khulafaur Rasyidin pertama setelah wafatnya Nabi SAW. Ia menjadi pemimpin umat Islam pada masanya tepatnya pada tahun 11 13 H atau 632 634 M.Salah satu peran penting pada masa pemerintahan Abu Bakar adalah mengumpulkan mushaf Al-Qur’an dalam satu kesatuan. Beliau adalah sahabat Nabi yang dikenal sangat  bijaksana, sabar dan pemimpin yang disegani demi kemuliaan hatinya.

Umar Bin Khattab

Khulafaur Rasyidin, khalifah kedua umat muslim adalah Umar Bin Khattab  Umar memerintah umat Islam setelah Abu Bakar tepatnya pada tahun 13 23 H atau 634644 M.  Pada masa pemerintahannya, Islam memiliki kekuatan politik yang sangat kuat.

 Ia dikenal sebagai penguasa yang bijaksana dan  administrasi negara yang efisien meliputi negara yang sangat besar, mulai dari Iran, Suriah, Mesir hingga Byzantium.

  Utsman Bin Affan

 Utsman mengemudi setelah kematian Umar Bin Khattab.Ustman dikenal sebagai pemimpin yang arif dan cerdas. Ia juga  suami dari dua putri Nabi, yaitu Ruqayyyah dan Umm Kaltsum. Setelah kematian Ruqayyah, Nabi menikahkan Utsman dengan Umm Kaltsum.

Di bawah arahannya, ia berhasil mengumpulkan semua manuskrip Alquran. Salinan Alquran waktu itu kemudian didistribusikan ke seluruh dunia Islam.Di bawah kepemimpinannya, Ustman berhasil memperluas wilayah kekuasaan Islam hingga ke Afrika, dari Roma hingga Turki.

Ali Bin Abi Thalib

 Nama asli Ali adalah Haydar Bin Abi Thalib. Nama Ali diberikan kepadanya oleh Nabi. Ali adalah cucu Nabi yang juga juru tulis Nabi Muhammad. Karena perannya sebagai juru tulis Nabi, Ali mendapat julukan Babul Ilmi atau Gerbang Ilmu.Ali dikenal sebagai pemimpin yang cerdas. Ali adalah khalifah keempat. Ali adalah kelompok pertama yang masuk Islam,  ia masih anak-anak saat itu. Kisah Ali yang begitu mengharukan adalah kisah asmaranya dengan putri Nabi, Fatimah Az Zahra. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.