Banner Dinkes 2021 (1365X260)

Penerima Bansos Tunai dan PKH Dapat Tambahan Beras 10 Kg

Penerima Bansos Tunai dan PKH Dapat Tambahan Beras 10 Kg
Foto: Tambahan bantuan beras 10 Kg Bansos Tunai dan PKH.

Berita nasional, gemasulawesi– Kementerian Sosial akan menambahkan bantuan bagi penerima Bantuan Sosial khususnya Bansos Tunai dan PKH selama PPKM darurat. Namun penambahan, bukan nilai uang melainkan beras sebanyak 10 Kg.

“BST dan PKH disalurkan masing-masing bagi 10 juta penerima plus menerima beras sebanyak 10 kilogram,” ungkap Menteri Sosial Tri Rismaharini dalam keterangannya, Rabu 7 Juli 2021.

Penambahan bantuan Bansos tunai dan PKH berupa beras sebanyak 10 kilogram akan disalurkan Perum Bulog, mengingat jaringan Bulog terdapat di seluruh wilayah Indonesia.

“Kami mengirimkan data penerima Bansos tunai dan PKH ke Bulog dan mereka menyalurkan beras itu melalui jaringannya di seluruh Indonesia,” tuturnya.

Pembaruan data penerima Bansos tunai dan PKH di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) sudah selesai sejak akhir pekan lalu dan siap digunakan dalam penyaluran.

Baca juga: Pemerintah Minta Masyarakat Awasi Penyaluran Bansos Masa

Prioritas penyaluran Bansos tunai dan PKH di daerah menerapkan PPKM darurat dan tempat lainnya dengan memanfaatkan teknologi.

Untuk penyaluran Bansos tunai Bulan Mei-Juni sekaligus akan diterima penerima sebanyak Rp600 ribu ditambah dengan beras 10 kilogram dari Bulog.

Baca juga: Disdikbud Parimo Serahkan Uang Puluhan Juta Rupiah Bantuan

“Penerima kedua program menerima beras sebanyak 10 kilogram disalurkan pihak Bulog,” ujarnya.

Untuk penyaluran Bansos tunai melalui PT Pos Indonesia, PKH akan disalurkan melalui Himpunan Bank-bank Negara (Himbara), serta beras melalui Perum Bulog.

Baca juga: Dinkes Parigi Moutong Kembali Distribusi 4 Ribu Vaksin Covid 19

“Penyaluran sudah dimulai sejak pekan lalu secara bertahap usai dilakukan pembaruan DTKS,” kata dia.

Sebelumnya, Pemerintah akan menyalurkan BST untuk menyokong kebijakan PPKM darurat 3-20 Juli 2021.

Baca juga: IMIP Sulawesi Tengah Bantu 21 Isotank Oksigen ke Pemerintah

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko) Muhadjir Effendy mengatakan, penyaluran BST akan dilakukan paling lambat pada pekan kedua Juli.

“Mudah-mudahan paling lambat pada minggu kedua bulan Juli bansos akan bisa disalurkan ke seluruh pelosok Tanah Air kepada keluarga penerima manfaat yang membutuhkan,” tutup Muhadjir. (***)

Baca juga: Gubernur Sulawesi Tengah Minta Percepat Rehab Rekon di Donggala

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Related Post