2Banner GIF 2021

Pendidikan Vokasi di Sulawesi Tengah Solusi Penyediaan SDM

Pendidikan Vokasi di Sulawesi Tengah Solusi Penyediaan SDM
Foto: Pendidikan vokasi perikanan di Parigi Moutong.

Berita sulawesi tengah, gemasulawesi– Rektor IAIN Palu menyebut pendidikan vokasi di Sulawesi Tengah adalah salah satu solusi penyediaan Sumber Daya Manusia atau SDM.

“Itu harus menjadi solusi dalam mengimbangi kebutuhan SDM,” ungkap Rektor IAIN Palu, Prof Sagaf S Pettalongi, di Kota Palu, Kamis 15 Juli 2021.

Ia mengatakan pendidikan vokasi di Sulawesi Tengah menjadi solusi membangun keterampilan putera dan puteri Sulawesi Tengah. Disesuaikan dengan potensi Sumber Daya Alam (SDA) dan peluang investasi dimiliki Sulawesi Tengah.

Baca juga: KKP Segera Resmikan Pendidikan Vokasi Parigi Moutong

Rektor menyatakan pendidikan vokasi di Sulawesi Tengah menjadi satu upaya strategis harus digenjot dalam membangun keterampilan generasi muda di tingkat SLTA sederajat.

“Kebutuhan tenaga kerja di masa mendatang bagi setiap investor masuk ke Sulawesi Tengah dan berinvestasi di sektor energi sumber daya mineral, kelautan, perkebunan dan pertanian, dapat dipenuhi daerah,” sebutnya.

Baca juga: Parimo Buka Penerimaan Peserta Didik Vokasi Kelautan dan Perikanan

Pendidikan vokasi menyesuaikan kebutuhan investasi

Sementara itu, Gubernur Rusdy Mastura mengatakan, akan meningkatkan pendidikan vokasi di Sulawesi Tengah, sesuai dengan kebutuhan investasi atau investor.

“Ke depan kita harus meningkatkan itu sesuai dengan jurusan dibutuhkan perusahaan industri di daerah kita,” katanya.

Gubernur menyebut generasi muda harus disiapkan pemerintah daerah agar kelak bisa menjadi tenaga kerja di industri Sulawesi Tengah.

Baca juga: Gubernur Beri Peran Bangun Daerah ke Perusda Sulawesi Tengah

“Ke depan, anak-anak kita persiapkan untuk bisa menjadi tenaga kerja pada industri yang berkembang di daerah ini, harapan saya mereka menjadi tenaga kerja pada industri -industri dibangun di daerah,” katanya.

Ia menambahkan, pendidikan vokasi di Sulawesi Tengah dilakukan dengan meningkatkan peran BLK.

Baca juga: Ratusan ASN di Parigi Moutong Ikuti Ujian Penyesuaian Ijazah

“Itu bisa meningkatkan skill anak -anak kita untuk siap bekerja. Kita datangkan tenaga pelatih sesuai jurusan dibutuhkan. Harapan saya tenaga tenaga ahli di perusahaan bisa diisi anak-anak lokal,” tutupnya.

Baca juga: DPRD Nilai Positif Penyiapan Tenaga Kerja di Parigi Moutong

Laporan: Rafiq

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Related Post