Minggu, April 11, 2021

Pendataan Keluarga 2021, DP3AP2KB Parimo Target Ratusan Ribu KK

Must read

Berita parigi moutong, gemasulawesi– 2021, Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, mulai melakukan pendataan keluarga.

“Pendataan keluarga hari ini, dimulai dari pimpinan daerah terlebih dahulu. Kemudian dilanjutkan ke masyarakat,” ungkap Koordinator Penyuluh Lapangan Keluarga Berencana (PLKB) Kecamatan Parigi, Irwan Muhamadia, di Kantor Bupati Parigi Moutong, Kamis 1 April 2021.

Ia menjelaskan, ini merupakan program dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) setiap lima tahun sekali yang dilaksanakan pada tanggal 1 April hingga 31 Mei.

Pendataan keluarga 2021 di Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, sebanyak 123.248 Kepala Keluarga dari 283 desa di 23 Kecamatan.

Baca juga: Bernilai Ratusan Juta, Ini OPD Pelaksana Pengadaan Smartphone

“Sedangkan kader pendata yang dilibatkan dalam kegiatan ini sebanyak 708 orang,” ungkapnya.

Harapannya, warga agar memberikan informasi dan data akurat kepada seluruh kader pendata saat pendataan.

Ia meminta, dukungan dari kelurahan dan desa agar mengimbau warganya menyiapkan diri untuk pendataan dari rumah-kerumah.

Baca juga: DP3AP2KB Parimo Bentuk Model Percontohan Masjid Ramah Anak

Kepala Dinas DP3AP2KB Parigi Moutong, Yusnaeni menambahkan, di setiap Kecamatan itu memiliki masing-masing kader pendatanya.

Ia berharap, kegiatan ini bisa terlaksana dengan baik dan tidak mengalami kendala apapun dilapangan.

Baca juga: Sekolah Tatap Muka di Kota Palu Mulai Pekan Depan

Menurut Kepala BKKBN Hasto Wardoyo melalui pernyataan tertulisnya menyebut pendataan dilakukan untuk basis data. Sebagai dasar bagi pemerintah melaksanakan kebijakan peningkatan dan pemerataan pembangunan serta kesejahteraan keluarga.

“Pembangunan dimulai dari perencanaan yang baik, dan perencanaan berdasarkan data yang akurat. Pendataan Keluarga 2021 menghasilkan data mikro keluarga by name, by address sebagai penyediaan data atau dasar dalam perencanaan dan pemerataan pembangunan,” tuturnya.

Baca juga: Proyek Pengadaan Smartphone di DP3AP2KB, Ini Spesifikasinya

Ia menambahkan, pendataan keluarga 2021 sangat penting bagi pemerintah dan pemerintah daerah dalam menyediakan basis data keluarga.

“Data untuk intervensi Program Pembangunan Keluarga, Kependudukan, Keluarga Berencana (Bangga Kencana), dan program pembangunan lainnya,” tutupnya.

Baca juga: Cegah Stunting, Ini Cara DP3AP2KB Parigi Moutong Edukasi Ibu Hamil

Laporan: Aldi

- Advertisement -spot_img

More articles

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img