Pendataan IP4T Kawasan Hutan Parimo Berakhir

Lahan Masyarakat di Sekitar Kawasan Hutan Dapat Didaftarkan Kepemilikannya.

0
72
Pendataan IP4T Kawasan Hutan Parimo Berakhir
Kasi Kerusakan Lingkungan DLH Parimo, Ade Prasetya Saputra (Foto Rafii)

Parimo, gemasulawesi.comPendataan Inventarisasi Penguasaan, Pemilikan, Penggunaan Dan Pemanfaatan Tanah (IP4T) kawasan hutan Kabupaten Parimo Provinsi Sulteng berakhir.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Seksi Kerusakan Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup, Ade Prasetya Saputra kepada gemasulawesi.com, di ruang kerjanya, Rabu, 27 Maret 2019.

“Kami akan menutup pendataan IP4T hari ini pada pukul 24.00 Wita,” ungkapnya.

Pasalnya menurut Peraturan Presiden no 88 tahun 2017 kata dia, program tersebut yang berdurasi waktu dua tahun akan segera berakhir.

Ia melanjutkan, pihak pemerintah desa dan kecamatan sebaiknya memasukkan data IP4T agar masyarakat dapat memanfaatkan program itu.

“Data awal kami jumlah total calon lokasi PPTKH Kabupaten Parimo yang perlu didata dan diverifikasi ulang adalah 16211,74 Hektar,” jelasnya.

Sementara itu ditemui ditempat terpisah beberapa waktu lalu, Kepala Seksi penataan pertanahan Badan Pertanahan Kabupaten Parimo, Lin Kadarwati, mengatakan hal serupa.

“Warga Kabupaten Parimo sendiri yang akan rugi apabila tidak memanfaatkan fasilitas yang diberikan oleh negara melalui program tersebut,” tuturnya.

Data IP4T itu lanjut dia, menginventarisir kawasan hutan yang dikelola warga Kabupaten Parimo berdasar dari peta pencitraan kawasan hutan tahun 1999.

“Kami akan turut serta memverifikasi data IP4T kawasan hutan Kabupaten Parimo setelah data dari pemerintah daerah telah rampung,” tutupnya.

Baca juga: RTRW Parimo, Belum Cakup Mitigasi dan Adaptasi Bencana

Laporan: Muhammad Rafii

Tinggalkan Balasan