Minggu, Mei 16, 2021
BerandaSigiPolisi Tangkap Pemuda Sigi Kasus Penggelapan Mobil

Polisi Tangkap Pemuda Sigi Kasus Penggelapan Mobil

- Advertisement -spot_img

Berita sulawesi tengah, gemasulawesi– Satuan Reserse Kriminal Polres, Sulawesi Tengah, berhasil menangkap satu pemuda Sigi kasus penggelapan mobil.

“Pemuda itu berinisial KA (28). Selain dugaan kasus penggelapan mobil dan ia juga terlibat penyalahgunaan narkoba,” ungkap Kasat Reskrim Polres Sigi, Sulawesi Tengah, Iptu Rangga H Sanjaya, Kamis 28 Januari 2021.

Ia mengatakan, satu pemuda Sigi kasus penggelapan mobil itu berhasil ditangkap Satreskrim Polres, Sulawesi Tengah, di Desa Binangga, Kecamatan Marawola.

“Pemuda Sigi kasus penggelapan mobil itu ditangkap tanpa ada perlawanan, Selasa 26 Januari 2021, sekitar pukul 21.00 Wita,” tuturnya.

Baca juga: Polisi Tangkap Satu Warga Toili Sulteng Pelaku Penggelapan

Saat dilakukan pemeriksaan kepada tersangka Pemuda Sigi kasus penggelapan mobil kata dia, petugas juga mendapati dua paket yang diduga narkoba jenis sabu-sabu di kantong sakunya.

Saat dilakukan pemeriksaan, Polres juga mendapatkan dua paket dengan berat bruto 0,45 gram yang diduga narkoba jenis sabu di sakunya.

“Tersangka KA adalah warga Desa Kapiroe, Kecamatan Palolo, Sulawesi Tengah, memang terlibat penggelapan mobil,” sebutnya.

Ia melanjutkan, barang bukti yang berhasil diamankan langsung diserahkan ke Satuan Reserse Narkoba (Satresnarkoba).

Diketahui, penggelapan dan penipuan diatur dalam pasal-pasal yang berbeda dalam Kitab Undang-Undang Hukum Pidana atau KUHP.

Penggelapan diatur dalam pasal 372 KUHP. Yang termasuk penggelapan adalah perbuatan mengambil barang milik orang lain sebagian atau seluruhnya). Dimana penguasaan atas barang itu sudah ada pada pelaku, tapi penguasaan itu terjadi secara sah. Misalnya, penguasaan suatu barang oleh pelaku terjadi karena pemiliknya menitipkan barang itu.

Atau penguasaan barang pelaku terjadi karena tugas atau jabatannya, misalnya petugas penitipan barang.

Baca juga: Polres Parimo Amankan 128 Paket Narkoba

Tujuan dari penggelapan adalah memiliki barang atau uang yang ada dalam penguasannya yang mana barang atau uang itu pada dasarnya adalah milik orang lain.

Sementara itu penipuan diatur dalam pasal 378 KUHP. Yaitu dengan maksud untuk menguntungkan diri sendiri atau orang lain secara melawan hukum, dengan memakai nama palsu atau martabat palsu, dengan tipu muslihat, ataupun rangkaian kebohongan, menggerakkan orang lain untuk menyerahkan barang sesuatu kepadanya, atau supaya memberi hutang maupun menghapuskan piutang.

Saat ini, pemuda Sigi kasus penggelapan saat ini telah diamankan bersama barang bukti untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Baca juga: Lahirkan Penulis Muda Parimo, FTBM Gelar Kemah Literasi 2019

Laporan: Muhammad Rafii

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -

Must Read

- Advertisement -
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Related News

- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.