fbpx

Pemprov Sulawesi Barat Upayakan Jalin Kerja Sama Ekonomi Jalur Laut

waktu baca 2 menit
(Foto Istimewa)

Sulawesi Barat, gemasulawesi – Pemprov Sulawesi Barat (Sulbar) berupaya menjalin kerja sama ekonomi bersama Pemprov Sulawesi Tengah (Sulteng) melalui jalur laut.

Hal tersebut diungkapkan oleh Penjabat Gubernur Sulawesi Barat Akmal Malik di Mamuju untuk menjalin kerja sama ekonomi jalur laut, Senin 23 Mei 2022.

“Pemerintah Sulawesi Barat dan Pemerintah Sulawesi Tengah akan bekerjasama di bidang ekonomi melalui jalur laut untuk menghidupkan perekonomian kedua daerah tersebut,” ucap Akmal Malik, Senin 23 Mei 2022 di Mamuju.

Ia mengatakan pemanfaatan jalur laut untuk jalin kerjasama ekonomi antar provinsi memiliki potensi dan dinilai aman, misalnya antara Kota Palu Sulawesi Tengah dan Mamuju juga Pasangkayu Sulawesi Barat, serta dengan Balikpapan (Kalimantan Timur) dan Tawao. Kota di Malaysia.

Baca: Apa yang Membuat Pantai Sawarna Berbeda?

Bentuk kerja sama tersebut antara lain memfasilitasi distribusi hasil pertanian dan sumber daya alam lainnya melalui jalur laut untuk meningkatkan pendapatan petani dan pedagang serta pihak terkait lainnya.

Selain itu, penting juga untuk mendorong akses angkutan umum yang menghubungkan Mamuju dengan kota Palu juga Kota Mamuju serta Makassar dengan kota metropolitan Jakarta.

“Kerja sama ini diharapkan segera terwujud, dan Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat dan Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah telah memutuskan untuk mulai bereksperimen dengannya,” ucapnya.

Dia mengatakan kerjasama ini digagas untuk menjadi tuan rumah Ibu Kota Negara Kepulauan (IKN) di Kalimantan Timur, karena Sulawesi Barat dan Sulawesi Tengah merupakan penyangga ibu kota baru.

Akmal Malik berharap potensi sumber daya alam yang ada di wilayah tersebut dapat dikelola secara optimal dengan adanya kerja sama ekonomi jalur laut.

“Sulawesi Tengah telah berhasil mendirikan Badan Usaha Milik Desa (BUMD) dan berdampak pada kemajuan daerah melalui pengelolaan sumber daya alamnya,” jelasnya.

Akmal menambahkan, Sulbar juga akan membangun bisnis daerah ke depan dan menjadikan Sulteng sebagai contoh yang dinilai berhasil membangun BUMD yang nantinya menjadi mitra dalam mengembangkan perekonomian kedua daerah. (*)

Baca: Sebut Ada Intimidasi Terhadap Tim KPK, Alasan Harun Tidak Ditangkap

Kunjungi Gemasulawesi di : Google News

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.