Pemprov Sulawesi Barat Dorong Masyarakat Kelola Lahan Pangan

waktu baca 2 menit
Pengelolahan Lahan Pangan (Ilustrasi Gambar)

Berita Sulawesi Barat, gemasulawesi – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Barat, dorong pemerintah dan masyarakat kelola lahan guna mengembangkan komoditas pangan.

Hal itu diungkapkan Akmal Malik Pj Gubernur Sulawesi Barat di Mamuju, pada Minggu 18 Juli 2022.

“Daerah Sulawesi Barat yang memiliki luas lahan yang sangat luas, harus dikelola untuk menghasilkan dan memperkuat pangan daerah,” ucap Pj Gubernur Sulawesi Barat Akmal Malik, Minggu 18 Juli 2022.

Ia mengatakan, ancaman krisis pangan dunia harus ditanggulangi dengan mendorong masyarakat kelola lahan  pangan di daerah guna mendukung penguatan pangan nasional. Menurut dia, penguatan pangan di Sulawesi Barat dilaksanakan Pemerintah Sulawesi Barat dengan mewajibkan setiap organisasi perangkat daerah (OPD) mengelola minimal lima hektare lahan pertanian.

Baca: Resep Sate Maranggi Yang Lezat, Sangat Mudah!

Ia menjelaskan, Provinsi Sulawesi Barat menargetkan menjadi daerah mandiri pangan pada tahun 2023, seluruh OPD yang berada di bawah lingkupi Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat dilibatkan dalam program pencegahan krisis pangan yang mengancam dunia.

Gubernur meminta OPD mengolah lahan untuk tanaman pangan seperti jagung dan tanaman produktif jangka pendek lainnya yang bernilai ekonomis. Dia menuturkan, pagu anggaran APBD 2023 untuk belanja ketahanan pangan akan menyasar salah satu bentuk pembelian benih, pupuk, dan biaya pemeliharaan.

Ia meminta agar OPD Sulawesi Barat bisa mencontoh Bromob Polda Sulawesi Barat yang menjadikan lahan pekarangannya menjadi lahan pangan.

Hardian, Kepala Kanwil Badan Pertahanan Nasional (BPN) Provinsi Sulawesi Barat, mendukung program Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat untuk pemanfaatan lahan terlantar.

“BPN tidak hanya berpikir legalitas tanah bagi masyarakat dan pemerintah, tetapi juga berupaya untuk mendukung peningkatan nilai tambah tanah agar dapat digarap secara lebih bijak menjadi lahan pangan,” jelasnya. (*/Ikh)

Baca: Tiga Warga Sulawesi Selatan Jadi Korban Penyerangan KKB

Ikuti Update Berita Terkini Gemasulawesi di : Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.